Pertamina Terapkan Sistem Online untuk Agen LPG Pangkalan

Pengisian tabung gas elpiji.
Sumber :
  • ANTARA/Syaiful Arif

VIVA.co.id – PT Bank Mandiri Tbk bersama PT Pertamina (Persero) meluncurkan Sistem Mandiri LPG 3 Kg Online atau Sim3lon. Sinergi kedua BUMN ini adalah untuk menciptakan transaksi tanpa uang fisik alias cashless.

5 Aturan Baru Ini Mulai Berlaku di Indonesia pada Januari 2024

Sistem ini berguna untuk memudahkan pemesanan dan pembayaran LPG 3Kg dari pangkalan kepada agen Pertamina.

Wakil Direktur Utama Pertamina, Ahmad Bambang mengatakan skema baru transaksi ini pertama kali dilakukan dan nantinya bisa meningkatkan sistem pengawasan penyaluran LPG bersubsidi. Penerapan sistem ini baru dilakukan di wilayah Marketing Operation Region (MOR) III yang mencakup wilayah Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Banten. 

Beri Dampak Positif Bagi Masyarakat, Bank Mandiri Salurkan Program CSR

"Urusan elektronik terus dikembangkan karena kaitannya dengan LPG subsidi, tapi sekarang baru diluncurkan di MOR III, dicoba dulu," kata Achmad Bambang dalam peluncuran program sistem Mandiri LPG online di Ritz Carlton Pacific Place, SCBD, Jakarta Selatan, Rabu 14 Desember 2016. 

Bambang melanjutkan, program sinergi ini akan terintegrasi dengan program subsidi LPG tertutup yang digagas  Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Pemerintah diketahui sebelumnya, memberikan subsidi LPG  dengan anggaran Rp29 triliun, yang kemudian angka itu dipangkas menjadi Rp21 triliun. 

Viral Mahasiswi di Banjarmasin Panggil Damkar Buat Pasang Tabung Gas

"Jadi harus melakukan sesuatu agar subsidi tepat sasaran," kata dia. 

Sementara itu, Direktur Finance and Treasury Bank Mandiri Pahala N Mansury, mengatakan bahwa kerja sama ini merupakan perwujudan sinergi Bank Mandiri dengan Pertamina. "Khususnya, dalam komunitas LPG yaitu agen dan pangkalan, sekaligus mewujudkan cashless society,” ujar dia. 

Ia menjelaskan bahwa Sim3lon merupakan sistem berbasis WEB dan SMS yang dapat membantu cara pemesanan dan pembayaran LPG dari pangkalan ke agen LPG Pertamina secara praktis, efektif dan efisien.  

"Transaksi dilakukan secara cashless dan real time bisnis dalam satu aplikasi," kata dia. 

Selain itu, lanjut dia, keunggulan Sim3lon juga dapat membantu mengontrol kuota subsidi LPG 3Kg yang telah di tetapkan, sekaligus mencatat seluruh transaksinya, serta memantau pengiriman barang hingga ke pangkalan secara sistem.

"Hingga saat ini, transaksi pemesanan dan pembayaran LPG 3Kg yang disalurkan melalui Sim3lon sebanyak 30 juta tabung dengan nilai transaksi sebesar Rp431,75 Miliar," kata dia.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya