Bangun Pelabuhan Patimban, Indonesia Utang US$1,7 Miliar

Ilustrasi pelabuhan
Sumber :
  • Biro Pers Kepresidenan

VIVA.co.id – Proyek pembangunan Pelabuhan Patimban Subang Jawa Barat saat ini berada pada pembahasan pembiayaan, selain fokus pada Rencana Tata Ruang Wilayah dan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan

Cara Kemenhub Tingkatkan Kualitas SDM Inaportnet di Pelabuhan

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro mengatakan skema pinjaman proyek pelabuhan Patimban akan menggunakan skema pinjaman lunak dari Japan International Cooperation Agency (JICA). 

"Tahap pertama US$1,7 miliar sampai 2019. Tahap jangka panjang sampai 2027. Bunga hampir nol persen. Tenor juga panjang 20-30 tahun," ujar Bambang saat ditemui di Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman, pada Rabu, 14 Desember 2016.

TUKS Bukit Asam di Pelabuhan Tarahan Resmi Terapkan Inaportnet

Ia mengatakan untuk mendapatkan dana pinjaman ini membutuhkan Detail Engineering Design (DED), yang mana wewenangnya berada pada Kementerian Perhubungan. 

Pada kesempatan yang sama, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebutkan bahwa DED dapat selesai sekitar 6-8 bulan ke depan, penyelesaiannya berjalan simultan bersama-sama dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal).

13 Kapal Nelayan di Pelabuhan Kota Tegal Terbakar

"Sama-sama nih kita buat konsorsium untuk membuat DED ini. Jadi, konstruksi paling enggak akhir tahun ini bisa mulai. Jadi, 2018 sudah selesai," ucap Budi. 

Kemudian, Bambang memproyeksikan pada 2019 pembangunan Pelabuhan Patimbun sudah selesai dan sudah mulai beroperasi. Pada awal operasional kapasitas minimumnya bisa mencapai 400 TEUs (Twenty Foot Equivalent Units) dan 200 ribu kendaraan. 
 

Presiden Joko Widodo lepas ekspor mobil Toyota.

Jokowi Pantau Ekspor Mobil di Pelabuhan Patimban Hari Ini

Pelabuhan Patimban mulai melakukan ekspor kendaraan pada 17 Desember 2021. Presiden Jokowi memastikan kegiatan itu berjalan lancar.

img_title
VIVA.co.id
8 Maret 2022