BRI Optimistis RI Jadi Negara e-Commerce Terbesar Dunia

Ilustrasi e-commerce pasarprodukbumn.com
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – PT Bank Rakyat Indonesia Tbk optimistis target Presiden Joko Widodo untuk menjadikan Indonesia negara e-commerce terbesar di dunia pada 2020 dapat tercapai. Optimisme itu muncul melihat jumlah usaha mikro, kecil, dan menengah, di mana ada lebih dari 50 juta pelaku UMKM Indonesia saat ini.

Sambut Mudik Lebaran, Perusahaan Ban Ini Rambah Dunia eCommerce

Direktur Utama BRI, Asmawi Syam mengatakan, pemerintah melalui Himpunan Bank-bank Milik Negara, salah satunya BRI, telah memiliki beberapa strategi untuk mewujudkan tekad Jokowi ini.

Di antaranya, yaitu membangun 514 rumah kreatif badan usaha milik negara di seluruh kabupaten dan kota Indonesia untuk memberikan layanan konsultasi atau coaching clinic, agar UMKM dapat masuk sistem pasar digital (e-commerce) hingga level internasional.

Shopee Luncurkan Program Baru, Garansi Tepat Waktu

"Kami sudah membangun rumah-rumah kreatif. Ini telah dicanangkan menteri BUMN (Rini Soemarno) untuk 2017, ada sebanyak 514 rumah kreatif yang mendukung UMKM masuk digital. Ada 121 pelaku UMKM yang sudah eksis setingkat regional yang akan kami jadikan setingkat internasional dalam e-commerce," kata Asmawi dalam acara puncak HUT BRI di JIExpo Kemayoran pada Minggu, 18 Desember 2016.

Program tersebut akan membantu UMKM dalam mencapai tiga hal, yaitu standardisasi produk, kemasan berkualitas, dan kepastian hukum dagang atau hak atas kekayaan intelektual.

Viral Tanah Kuburan Dijual di E-commerce Bikin Geger Warganet, Bisa Buat Pesugihan?

Kemudian, ia menyebutkan telah ada sinergi antarlembaga BUMN juga untuk mendorong keberhasilan e-commerce terbesar dunia. "Kami kerja sama dengan belanja.com. Kami jadikan sebagai saluran mereka untuk memasarkan produknya di situ," ujarnya.

Untuk itu, menurut dia, para pelaku UMKM tidak perlu gentar dan terus berupaya agar dapat tembus pasar internasional dengan memanfaatkan fasilitas yang ada dari kementerian/lembaga terkait.

TikTok Shop resmi gabung dengan Tokopedia.

Integrasi Tiktok Shop dan Tokopedia, DPR: Harus Bantu UMKM Adaptasi dengan Teknologi

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Mohamad Hekal mendukung agenda pemerintah untuk melakukan digitalisasi terhadap usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) agar tetap relevan den

img_title
VIVA.co.id
20 Maret 2024