Dorong Investasi, Paket Ekonomi Jilid XV Segera Meluncur

Menko Perekonomian, Darmin Nasution.
Sumber :
  • M Yudha Prasetya/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, saat ini pihaknya tengah menggodok paket kebijakan ekonomi jilid-XV, yang ditargetkan akan rampung pada akhir Desember 2016.

Dukung UMKM Indonesia, BRI Gelar Pesta Rakyat Simpedes

Namun, saat ditanya lebih lanjut mengenai apa saja isi dari paket kebijakan ekonomi jilid-XV tersebut, Darmin hanya mengatakan bahwa paket tersebut bukan terkait aturan pajak.

"Bukan, reformasi perpajakan itu nanti pakai Peraturan Menteri Keuangan (PMK). Nanti saja lah kalau sudah waktunya," kata Darmin di kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Senin, 19 Desember 2016.

Dirut BRI Ungkap 2 Faktor yang Bisa Selamatkan Indonesia dari Resesi di 2023

Darmin memastikan, upaya pemerintah mengembangkan paket kebijakan ekonomi sampai paket ke-XV ini, adalah untuk mengundang masuknya investasi ke tanah air.

"Paket kebijakan untuk menarik investasi dari dalam maupun luar negeri akan diteruskan. Karena yang paling menentukan itu adalah soal investasi dan pengeluaran pemerintah," kata Darmin.

Sri Mulyani Ingatkan Risiko yang Intai Ekonomi Global, RI Siapkan Ini

Ketika ditanya kapan paket kebijakan ekonomi jilid XV itu akan diumumkan, Darmin mengaku pihaknya belum menyampaikan secara detail.  

"Paketnya ini cukup penting. Tapi nanti kita lihat saja apakah pengumumannya akhir tahun ini atau awal tahun depan," ujarnya.

Seperti diketahui, pemerintah telah merilis paket kebijakan ekonomi jilid XIV, dengan fokus pada pengembangan industri e-Commerce. Langkah ini dilakukan guna mendorong perluasan dan peningkatan kegiatan ekonomi masyarakat di seluruh Indonesia, agar menjadi lebih efisien dan terkoneksi secara global.

Selain itu, pemerintah juga berharap agar paket kebijakan ekonomi jilid XIV tersebut bisa mendorong inovasi dan invensi kegiatan ekonomi baru, di kalangan generasi millenial.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya