Menkeu: Masa Transisi Redenominasi Rupiah Butuh 7 Tahun

Uang Rupiah Baru.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Moh Nadlir

VIVA.co.id – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan Indonesia butuh masa transisi untuk melakukan penyederhanaan nilai tukar mata uang rupiah atau redenominasi. Masa transisi itu perlu dilakukan setelah Dewan Perwakilan Rakyat menyetujui Undang-Undangnya.

Viral Desain Redenominasi Rupiah, Ini Penjelasan BI

Ani, panggilan akrab Sri Mulyani Indrawati, menegaskan dengan kebutuhan transisi itu tentunya tidak boleh terlepas dari tujuan redenominasi itu sendiri, yakni mematrikan, memastikan, meyakinankan dan memperdalam nilai tukar mata uang Indonesia.

"Secara nominal, kalau (redenominasi) itu dilakukan, seperti kata Presiden, transisinya perlu waktu tujuh tahun. Tapi itu (redenominasi) tidak mempengaruhi apapun," kata Ani di Balai Kartini, Jakarta, Senin 19 Desember 2016.

Kulik Semua Tentang Redenominasi Rupiah Di Sini, Pengertian Hingga Dampaknya

Ani mengatakan, upaya redenominasi itu sendiri merupakan pembuktian mengenai bagaimana tingkat kekuatan ekonomi Indonesia. Jika redenominasi dilakukan, maka pondasi perekonomian yang sebelumnya harus diperbaiki itu, ke depannya juga harus terus dijaga dengan baik.

Ia mengaku, sampai saat ini upaya tersebut masih terus dikoordinasikan dengan sejumlah pihak, antara lain seperti Bank Indonesia, Kementerian Keuangan dan Dewan Perwakilan Rakyat.

Penting untuk Diketahui, Perbedaan Redenominasi dan Sanering

"Kita terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait. Kalau seandainya ada slot di dalam Prolegnas (program legislasi nasional), itu bisa dilakukan. Setidaknya itu yang Presiden dan Gubernur BI sampaikan tadi," jelas Ani.
 

(ren)

Viral Desain Redenominasi Rupiah

Top Trending: Desain Redenominasi Rupiah, Bule di Bali Boncengan Tanpa Celana

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal Trending VIVA, Kamis 30 November 2023. Dari bule di bali boncengan sepeda motor tanpa celana sampai desain redenominasi uang rupiah.

img_title
VIVA.co.id
30 November 2023