17 Industri Ini Akhirnya Berstandar Ramah Lingkungan

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Raudhatul Zannah

VIVA.co.id – Kementerian Perindustrian meluncurkan standar industri hijau untuk 17 jenis industri. Standar ini disusun berdasarkan Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia digit lima, yang memuat ketentuan mengenai bahan baku, bahan penolong, energi, proses produksi, produk, manajemen pengusahaan, dan pengelolaan limbah.

Membudayakan Gaya Hidup Ramah Lingkungan dengan Panel Surya

“Standar industri hijau diharapkan dapat menjadi pedoman bagi perusahaan dalam menjalankan proses produksi yang efisien dan ramah lingkungan. Hal ini berdasarkan best practice yang akan menjadi benchmark di dalam maupun luar negeri. Bisa juga memacu peningkatan pasar ekspor karena ramah lingkungan dan penghematan cost perusahaan karena efisien,” kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dalam siaran pers di Jakarta, pada Selasa, 20 Desember 2016.

Memperhitungkan sejak 2014 sampai saat ini, dicapai konsensus atas SIH untuk 17 jenis industri, yaitu industri semen portland, ubin keramik, pulp dan kertas, susu bubuk, pupuk buatan tunggal hara makro primer, pengasapan karet, karet remah, serta tekstil pencelupan, pencapan dan penyempurnaan. 

Merawat kulit dari Bahan Vegan

Lalu, industri gula kristal putih, kaca pengaman berlapis, kaca pengaman diperkeras, barang lainnya dari kaca, kaca lembaran, penyamakan kulit, pengawetan kulit, baja flat product, dan baja long product.

Perusahaan yang telah menerapkan SIH, Airlangga mengungkapkan, mereka berhak mengajukan verifikasi industri hijau guna mendapatkan sertifikat dan menyandang logo industri hijau. 

Inovasi Ramah Lingkungan Bridgestone Tak Hanya Ban Kendaraan

“Apabila industri hijau sudah menjadi tujuan dan motivasi industri secara umum, itu bisa menjadi katalis dan akselerator dalam pengembangan industri yang berbasis inovasi dan berdaya saing tinggi,” tuturnya.

Ia mengungkapkan ke depan SIH akan diberlakukan secara wajib, ketika semua infrastruktur dan pelaku industrinya telah siap. Sementara saat ini, masih bersifat sukarela. 
 

Ilustrasi ramah lingkungan / eoc-culture.

Menciptakan Produk Berkelanjutan Bukan soal Ramah Lingkungan Saja

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa 3 dari 5 komitmen utama yang dijalankan oleh perusahaan dalam menjalankan bisnis berkelanjutan adalah pengurangan penggunaan plastik.

img_title
VIVA.co.id
21 April 2024