Ulang Tahun ke-68, Menko Darmin: Saya Dapat Bonus Umur

Menko Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, merayakan ulang tahun ke-68
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fikri Halim

VIVA.co.id – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, genap berusia 68 tahun pada hari ini, Rabu 21 Desember 2016. Darmin lahir di Tapanuli, Sumatera Utara pada 21 Desember 1948.

Kemenkeu Catat Aset Tanah PTNBH Senilai Rp161,30 Triliun

Dalam perayaan hari ulang tahunnya kali ini, Darmin mendapat kejutan dari karyawan di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, yang menyelenggarakan perayaan di 'cafe mistery', sebuah taman di lantai tiga kantornya. Ia juga tak menyangka hadir anak, menantu, dan tiga cucunya dalam perayaan hari ulang tahunnya.

Tak hanya itu, perayaan hari ulang tahun mantan gubernur Bank Indonesia ini juga dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara.

Pemanfaatan Aset Negara Buat Bangun IKN Jadi Fokus Kerja DJKN 2022

Menko Darmin mengaku sempat lupa jika hari ini adalah hari ulang tahunnya. Ia memiliki makna tersendiri dalam setiap umur yang telah dilaluinya.

"Tapi, apa pun 68 tahun itu sebenarnya kalau dilihat DNA dari saya ke kakek saya, umur saya sudah ada bonusnya. Biasanya keluarga saya yang laki (usianya) antara 64-66. Kalau saya sudah lewat," kata Darmin di Kemenko Bidang Perekonomian, Rabu 21 Desember 2016.

Mau Beli ORI021 Bunga 4,9 Persen, Ini 28 Mitra Distribusinya

Darmin mengatakan bersyukur masih diberi umur panjang hingga 68 tahun. Ia juga masih diberi kesempatan untuk melakukan hal yang terbaik dalam hidupnya.

"Orang hidup itu kalau tidak bisa melakukan sesuatu sebagai rangkaian yang baik, ya sayang sekali. Enggak bisa diulang. Hidup ini hanya sekali, tapi, sebaik apa pun kita melakukan, kita selalu merasa banyak yang salah dan kurang," kata dia.

Dalam pencapaian hidupnya secara pribadi, Damin sudah cukup puas. Namun, untuk negara, ia mengatakan masih banyak yang perlu untuk diperjuangkan.

"Saya tidak terlalu banyak menargetkan masalah pribadi. Tapi bahwa kita itu sebagai bangsa masih begini-gini saja itu cukup menyedihkan," kata Darmin.

Sekilas profilnya yang dirangkum VIVA.co.id, Darmin memiliki gelar doktor di bidang ekonomi. Ia menyelesaikan studi S1 di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, lalu melanjutkan studi S2 dan S3-nya di Sorbonne University, Paris, Prancis.

Di Kementerian Keuangan, ia pernah menjabat sebagai direktur jenderal pajak (2006-2009), deputi gubernur senior Bank Indonesia (2009-2010), dan puncaknya gubernur Bank Indonesia (2010-2013).

Setelah dua tahun tidak menjabat sebagai gubernur Bank Indonesia, bukan akhir karier Darmin Nasution. Pada 2015, Presiden Joko Widodo yang baru saja menjalani satu tahun periodenya merombak kabinet kerjanya dan mengangkat Darmin Nasution untuk menggantikan Sofyan Djalil sebagai menko perekonomian.

Kapasitas Darmin dianggap lebih mumpuni mengurus bidang perekonomian Indonesia yang sedang terpuruk saat itu. Memasuki usianya ke-67 tahun saat itu, Darmin kembali menakhodai arah kebijakan ekonomi Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya