LMAN Diresmikan, Aset Negara Akan Dikelola Profesional

aksi unjuk rasa korupsi penjualan aset negara
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Dalam upaya pengelolaan aset negara, Kementerian Keuangan meresmikan Lembaga Managemen Aset Negara hari ini, Jumat, 23 Desember 2016.

Pemanfaatan Aset Negara Buat Bangun IKN Jadi Fokus Kerja DJKN 2022

Lembaga ini di bawah pengawasan Direktorat Jendral Kekayaan Negara yang bertujuan mendukung optimalisasi manajemen aset negara, guna meningkatkan manfaat ekonomi dan sosial sekaligus menggali posisi return on aset dan penerimaan negara bukan pajak.

"Dengan adanya mandat baru ini, LMAN mempunyai fungsi tidak hanya sekadar treasurer atau financing provider, tetapi  juga sebagai spesial landbank yang tertuang pada Perpres No.102 tahun 2016," kata Direktur Jenderal Kekayaan Negara Sonny Loho di gedung Kemenkeu Jakarta, Jumat, 23 Desember 2016.

Mau Beli ORI021 Bunga 4,9 Persen, Ini 28 Mitra Distribusinya

Sesuai dengan fungsi ini, LMAN mendapat alokasi pembiayaan investasi pada APBN-P 2016 sebesar Rp16 triliun untuk mendukung pendanaan pengadaan lahan dalam rangka pembangunan infrastruktur khususnya jalan tol.

Selanjutnya, pada APBN 2017 telah dialokasikan dana pembebasan lahan untuk 50 proyek lainnya baik jalan tol, transportasi, maupun bendungan.

Polisi Tangkap Pegawai DJKN Pemalsu Surat Lahan BLBI 

"Kemenkeu melalui LMAN akan bekerja secara profesional dan bertanggung jawab dalam melaksanakan mandat ini dan akan terus menjaga kepercayaan masyarakat untuk mengelola APBN yang kredibel demi meningkatkan kemakmuran dan keadilan," tuturnya.

Gedung Kementerian Keuangan Republik Indonesia

Kemenkeu Catat Aset Tanah PTNBH Senilai Rp161,30 Triliun

Untuk nilai BMN berupa tanah di 12 PTNBH. Jenis aset PTNBH terbagi menjadi dua yang salah satunya tanah.

img_title
VIVA.co.id
29 Januari 2022