Urus Izin di Kemendag Kini Sudah Online

Kementerian Perdagangan luncurkan pelayanan digital
Sumber :
  • Shintaloka Pradita Sicca / VIVA.co.id

VIVA.co.id – Kementerian Perdagangan meluncurkan pelayanan perizinan berbasis digital dengan tanda tangan digital pada hari ini, Jumat, 23 Desember 2016.

Bos Indodax Ungkap Langkah Krusial agar Cuan Kelola Aset Kripto

Dengan layanan digital ini diharapkan dapat mempercepat pelayanan perizinan dan menstimuli peningkatan peringkat kemudahan berbisnis di Indonesia. 

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan ada dua aspek penting dari perizinan online dan digital signature. Pertama, adanya inovasi pelayanan oleh pemerintah yang menuntut mindset baru pada aparatur sipil negara (ASN).

Arab Saudi Dirikan Maskapai Baru, Rute Riyadh-Afrika Akan Terealisasi

"Kedua, dengan pelayanan yang baik akan meningkatkan peringkat kemudahan berbisnis yang mampu mendongkrak reputasi Indonesia," kata Enggar di Kementerian Perdagangan.

Pasalnya, dengan peluncuran pelayanan ini akan menunjukkan komitmen pemerintah kepada pelaku bisnis baik di dalam maupun tingkat internasional. Kemudian, dapat meningkatkan nilai, intensitas aktivitas bisnis, pendapatan negara, dan bisa juga pertumbuhan ekonomi. 

Pemilu di AS dan Eropa Diprediksi akan Pengaruhi Iklim Investasi Indonesia

Ia menyebutkan ada empat kategori pelayanan perizinan ini, yaitu perdagangan luar negeri, perdagangan dalam negeri, standardisasi dan perlindungan konsumen, serta perdagangan berjangka komoditi. 

"Dengan peluncuran ini, maka terdapat 47 perizinan yang dilakukan secara online dengan digital signature. Dari jumlah tersebut, 34 perizinan merupakan layanan perizinan bidang Perdagangan Luar Negeri dan 13 perizinan bidang Perdagangan Dalam Negeri," tutur Enggar.

Cawapres terpilih Gibran Rakabuming Raka

Gibran Bereskan Pekerjaan Wali Kota usai Putusan MK, Siapkan Investasi Kecerdasan Buatan

Gibran Rakabuming Raka memastikan tetap menyelesaikan pekerjaan sebagai Wali Kota Surakarta usai putusan MK terkait sengketa Pemilu Presiden 2024.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024