PLN Janji Tak Ada Pemadaman di 22 Desember Sampai 7 Januari

Seorang petugas Perusahaan Listrik Negara mengawasi ketersediaan pasokan listrik nasional.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – PT Perusahaan Listrik Negara memastikan akan menjaga kontinuitas pasokan daya listrik secara optimal, meskipun memiliki cadangan pasokan listrik di atas 30 persen untuk Jawa-Bali. Ini sebagai bentuk antisipatif jelang perayaan hari raya Natal dan Tahun Baru 2017.

Selandia Baru Umumkan Keadaan Darurat Nasional, Setelah Diterpa Badai Tropis Mengerikan

Kepala Satuan Komunikasi PLN I Made Suprateka menyatakan, berbagai langkah pun telah dipersiapkan. Misalnya, seperti di wilayah Jakarta, dengan piket siaga petugas PLB dan penguatan khusus yang diberlakukan sejak 22 Desember lalu, hingga 7 Januari 2017 mendatang.

"Selama periode itu, PLN Jakarta tidak merencanakan pemadaman aliran listrik untuk kepentingan pembangunan jaringan, rehabilitasi, atau pemeliharaan jaringan listrik," kata Made, Sabtu, 24 Desember 2016.

Badai Salju Menerjang AS, Puluhan Juta Warga Alami Pedaman Listrik

Demi mengantisipasi percepatan pemulihan terhadap terjadinya gangguan jaringan, Made mengaskan, perseroan telah mempersiapkan langkah operasional. Diantaranya adalah mempersiapkan 14 Unit Gardu Bergerak, 8 Unit Kabel Bergerak, 16 Unit Trafo Bergerak.

Kemudian, 13 genset mobile. Ini juga akan didukung oleh kekuatan petugas piket pelayanan teknik sebanyak 1.200 personil, 60 regu unit mobile, dan 90 motor Unit Layanan Cepat. Tak hanya itu, PLN distribusi Jakarta pun melakukan siaga penuh pada setiap Posko Pelayanan Teknik.

Dampak Serangan Rudal Rusia di Ukraina, Listrik Padam di Sebagian Wilayah Moldova

"Ini untuk 16 wilayah, selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Posko tersebut dapat dihubungi melalui contact center 123x akun Facebook PLN123, dan akun Twitter @pln_123," katanya.

Ada pun daerah-daerah yang akan menjadi pantauan khusus saat perayaan Natal dan Tahun Baru diantaranya Gereja Katedral, serta 228 gereja lain di Ibukota. Sedangkan untuk malam tahun baru, yakni Monumen Nasional, Taman Impian Jaya Ancol, sampai dengan Taman Mini Indonesia.

EcoFlow River 2 Series.

Jangan Khawatir Jika Terjadi Pemadaman Listrik Tiba-tiba

EcoFlow River 2 Series bisa dimanfaatkan sebagai sumber daya listrik darurat atau 'emergency power supply' (EPS) ketika terjadi pemadaman listrik tiba-tiba.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2023