Resolusi 2017 Jonan, Tarif Energi dan Listrik Terjangkau

Menteri ESDM Ignasius Jonan saat sidak di gardu induk PLN Gandul.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Chandra G. Asmara

VIVA.co.id – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan mengungkap resolusinya di tahun 2017 mendatang, dalam memegang kendali sektor energi, mineral dan batu bara, sampai dengan sektor kelistrikan.

Tolak Tarif Listrik Naik di 2022, Bambang Haryo: Termahal Sedunia

Lantas, apa resolusi Jonan dalam mengarungi tantangan di 2017?

“Energi dan kelistrikan, harus lebih terjangkau oleh masyarakat,” kata Jonan, saat ditemui di kawasan Gandul, Depok, Jawa Barat, Sabtu 24 Desember 2016.

Anggota DPR Protes Harga Elpiji, BBM hingga Tarif Listrik di 2022

Jonan menjelaskan, pemerintah pada tahun depan akan terus berupaya untuk memenuhi tingkat konsumsi masyarakat yang semakin meningkat, terutama terhadap kebutuhan energi maupun kelistrikan. Namun, hal ini tentu diperlukan sinergi.

Ia memandang, konsumsi masyarakat yang semakin meningkat, tentu akan semakin menggerus cadangan energi maupun listrik yang ada. Maka dari itu, efisiensi pun diperlukan, untuk mengakomodir hal tersebut.

Pajak Karbon Bisa Buat Harga BBM hingga Elpiji Naik, Ini Hitungannya

“Ini bukan cuma tugas negara, tetapi juga masyarakat. Jadi gunakan energi seperlunya,” kata dia.

Mantan Bos PT Kereta Api Indonesia itu mengakui, bukan hal mudah untuk merealisasikan keinginan tersebut, tetapi dengan adanya sinergi dengan seluruh elemen masyarakat, bukan tidak mungkin itu akan menjadi titik awal ke depan.
 

MedcoEnergi dan PLN teken perjanjian jual beli listrik.

Efisienkan Energi dan Mitigasi Gas Rumah Kaca, Medco Energi-PLN Teken Perjanjian Jual Beli Listrik

Medco Energi Bangkanai Limited dan PT PLN (Persero) menandatangani perjanjian jual beli tenaga listrik dan pembangunan instalasi listrik pelanggan di Bangkanai.

img_title
VIVA.co.id
7 Juli 2023