Pelabuhan Merak Siap Sediakan Layanan Premium

Truk antre di Pelabuhan Merak, Banten
Sumber :
  • ANTARA/Asep Fathulrahman

VIVA.co.id – Menteri Badan Usaha Negara (BUMN) Rini M Soemarno bersama dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan peninjauan proses pembangunan dermaga VI di Pelabuhan Merak, Senin, 26 Desember 2016. Pemantuan layanan angkutan Natal dan tahun baru 2017 juga dilakukan.

Mudik Naik Sepeda Motor Bakal Diikuti Polisi Hingga ke Pelabuhan Ciwandan
Menteri Rini mengapresiasi lancarnya layanan penyeberangan selama angkutan Natal berlangsung, khususnya pada arus puncak pada 22-23 Desember 2016. Karena itu, pengembangan pelabuhan dan peningkatan pelayanan penting dioptimalkan.
 
Rekayasa Lalu Lintas saat Arus Mudik Lebaran 2024 di Pelabuhan Merak
"Antisipasi layanan penyeberangan sudah jauh lebih baik saat angkutan Natal tahun ini, saya berharap ASDP dapat lebih meningkatkan kualitas layanan feri dan pengembangan pelabuhan yang lebih optimal, " ujarnya.
 
Pesan Khusus Budi Karya ke Pelindo dan ASDP saat Mudik Lebaran: Kapal Besar Didahulukan
Menurutnya, pengembangan Pelabuhan Merak ke depannya tidak hanya terfokus pada penyediaan jasa transportasi, tetapi juga menjadi pelabuhan destinasi dengan layanan intermoda yang terintegrasi. Apalagi, layanan angkutan di Merak cukup komplit, juga tersedia layanan kereta api dan bus. 
 
"Diharapkan, tahun 2018 Pelabuhan Merak dapat menyediakan layanan premium khususnya untuk kendaraan golongan IV penumpang, di samping rencana implementasi layanan tiket online e-ticketing untuk mobil pribadi," ujarnya. 
 
Semuanya perlu dilakukan mengingat makin tingginya angka pertumbuhan mobil pribadi. Selain itu, pada 2018 sejumlah ruas Tol Trans Sumatera ditargetkan rampung untuk mendukung perhelatan Sea Games. Karena itu, Pelabuhan merak juga harus menyiapkan pelabuhan destinasi dengan layanan intermoda yang terintegrasi.
 
 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya