Krisis Politik Tekan Kinerja Bursa Korea Selatan

Bursa Jepang
Sumber :
  • CNBC

VIVA.co.id – Bursa saham kawasan Asia dan Pasifik dibuka bervariasi pada perdagangan pagi ini. Bursa Korea Selatan jatuh terjerat skandal politik di negara itu, sedangkan bursa Jepang gagal mengambil keuntungan dari kinerja baik data ekonomi negara tersebut. 

BI Sebut Perlambatan Ekonomi 2024 Dipengaruhi Negara-negara Eropa dan China

Dilansir dari CNBC, Rabu, 28 Desember 2016, indeks Nikkei 225 dibuka turun 0,01 persen, meskipun data produksi industri di Jepang naik 1,5 persen pada November lalu dibanding tahun sebelumnya. 

Naiknya penjualan ritel di negara sakura tersebut sebesar 1,7 persen dibanding tahun lalu, juga tidak mampu mendorong kinerja positif pasar modal di negara itu pada pembukaan pagi ini.  Saham Toshiba anjlok 20,3 persen pagi ini setelah jatuh 11,6 persen kemarin.

Sri Mulyani Ungkap Ekonomi Global 2024 Masih Diproyeksi Lemah oleh IMF dan World Bank

Di Korea Selatan, indeks Kospi terperosok 0,91 persen. Terjerat krisis politik di negara tersebut yang semakin mengkhawatirkan. Sedangkan, Australia ASX 200 naik 0,88 persen, didukung oleh kinerja baik beberapa sub sektor, salah satunya komoditas emas yang naik 3,41 persen. 

Sementara itu,  harga minyak terus mengalami kenaikan di perdagangan Selasa di AS. Harapan adanya pengetatan pasokan hasil kesepakatan antara Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan produsen non-OPEC, yang berlaku pada tanggal 1 Januari, mendorong peningkatan harga minyak mentah. 

Semakin Dekat Jadi Anggota, OECD Buka Diskusi Aksesi dengan RI

Minyak mentah Brent dan minyak mentah berjangka AS ditutup naik 1,7 persen menjadi masing-masing US$56,09 dan US$ 53,90 per barel.

Ilustrasi grafik perekonomian (Source: https://www.istockphoto.com/id)

7 Negara Ekonomi Terbesar di Dunia Tahun 2050, Peringkat Indonesia Gak Main-main!

Menurut laporan proyeksi pertumbuhan global jangka panjang hingga tahun 2050 yang dirilis Pricewaterhousecoopers (PwC), Indonesia diprediksi akan jadi ekonomi besar.

img_title
VIVA.co.id
13 Maret 2024