Manfaatkan Libur Panjang, 14 Stasiun KAI Gelar Bazar UMKM

Deputi Bidang Infrastruktur BUMN Hambra di Stasiun Gambir (tengah)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Chandra G. Asmara

VIVA.co.id – PT Kereta Api Indonesia pada hari ini, Rabu 28 Desember 2016, menggelar bazar produk Usaha Mikro Kecil Menengah binaan dan sinergi UMKM Badan Usaha Milik Negara. Pagelaran ini dilaksanakan secara serentak di 14 stasiun di berbagai wilayah Indonesia.

Erick Thohir Rombak Komisaris PLN, Nawal Nely Gantikan Tedi Bharata

Menteri BUMN Rini Soemarno berharap, bazar ini menjadi ajang yang mampu dimanfaatkan bagi UMKM binaan BUMN, agar terus meningkatkan kreasi bisnis. Ujung-ujungnya, mampu mengepakan sayapnya di kancah internasional.

"Produk-produk yang dihasilkan UMKM sudah ada yang diekspor. Jangan sampai buat produk itu kalah," jelas Rini, melalui sambutannya yang dibacakan oleh Deputi Bidang Infrastruktur BUMN Hambra di Stasiun Gambir, Jakarta.

Jadi Top 5 Perusahaan TIC di Asia Pasifik, IDSurvey Tetapkan Visi Top 20 Global

Rini menjelaskan, para perusahaan pelat merah memiliki cara tersendiri dalam mengembangkan sektor UMKM binaan. Yakni, melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan yang dimiliki setiap BUMN. Dalam program ini, ada berbagai kemudahan yang diberikan bagi UMKM.

"Ada yang namanya program dalam bentuk pinjaman modal dengan bunga yang sangat ringan. Persyaratan super ringan, prosedur super sederhana," katanya.

Kementerian Ajak Pegawai BUMN 'Curhat' Demi Jaga Kesehatan Mental

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro memandang, semakin meningkatnya jumlah penumpang di berbagai stasiun pada masa liburan, diharapkan mampu mendongkrak penjualan para UMKM binaan di berbagai stasiun besar di Indonesia.

"Sehingga, pada akhirnya bisa berkontribusi kepada perekonomian nasional," ujarnya.

Sebagai informasi, bazar ini dilakukan secara serentak di 14 stasiun besar di berbagai wilayah Indonesia. Diantaranya adalah stasiun Gambir, stasiun Bandung, stasiun Cirebon, stasiun Semarang Tawang, stasiun Purwokerto.

Kemudian, stasiun Yogyakarta, stasiun Solobalapan, stasiun Madiun, stasiun Surabaya Gubeng, stasiun Medan, stasiun Padang, stasiun Kertapati, dan stasiun Tanjung Karang. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya