Insiden Citilink, Pilot Diminta Cek Kesehatan Ulang

Pesawat Citilink.
Sumber :
  • ANTARA/Zabur Karuru

VIVA.co.id – Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Suprasetyo memerintahkan kapten pilot maskapai penerbangan Citilink Indonesia untuk melakukan tes kesehatan ulang, walaupun hasil test drug and alcohol di Klinik Graha Angkasa Pura I dinyatakan negatif.

Bos InJourney Airports 'Curhat' Kendala di Industri Aviasi

Hal itu diungkapkan Suprasetyo, terkait kejadian yang dikeluhkan penumpang penerbangan Citilink QG 800 jurusan Surabaya- Jakarta (28 Desember 2016) bahwa pilot yang mengawaki pesawat diduga mabuk.

“Kapten Pilot bernama Tekad Purna tersebut harus melakukan medical check-up ke kantor kesehatan penerbangan hari ini juga,” ujarnya, dalam keterangan tertulisnya, Rabu.

Terpopuler: Baret Merah Hengki Haryadi, Gus Miftah Bagi-bagi Uang, dan Pilot Citilink Selingkuh

Ia mengatakan, tidak ada toleransi dalam hal keselamatan dan keamanan penerbangan. Segala sesuatu yang berpotensi mengganggu keselamatan dan keamanan penerbangan harus dicegah sedini mungkin.

Namun demikian, Suprasetyo juga mengingatkan, kalau dari hasil tes kesehatan ternyata hasilnya negatif, nama baik pilot tersebut harus dipulihkan.

Heboh Kabar Pilot dan Pramugari Selingkuh, Citilink Tak Izinkan Keduanya Terbang

Dari informasi yang disampaikan oleh manajemen Citilink kepada Dirjen Perhubungan Udara, tertulis bahwa penerbangan pagi itu jadwal keberangkatannya pukul 05.15 WIB, dengan nomor penerbangan QG 800 rute Bandara Juanda (Surabaya) menuju Bandara Halim Perdanakusuma (Jakarta).  

Pesawat yang digunakan adalah Airbus A320 dengan jumlah penumpang 152 dewasa, sembilan anak-anak dan dua bayi. Capt pilot yang bertugas adalah Capt. Tekad Purna dengan Co-pilot (FO) Bayu Segara. Sedangkan pramugari (flight Attendant ) adalah Rigke Mutya, Anggita Nur, Gunung D dan Iing Radia.
   
Kronologis kejadiannya adalah sebagai berikut:
    
05.09 WIB     : Pilot tiba di flops dan langsung ke pesawat yang parkir di stand 5A dengan b sedang proses boarding. Pilot masuk ke kokpit dan di kokpit melakukan pengumuman ke kabin pesawat dengan suara yang kurang jelas sehingga hampir semua penumpang komplain dan meminta captain pilot-nya di ganti.

05.30 WIB    : Seluruh penumpang turun dari pesawat. Flops Citilink memutuskan mengganti captain pilot tersebut dengan Capt. Wahana Agus. Seluruh penumpang naik ke pesawat dan sembilan penumpang  memutuskan cancel.

06.20 WIB    : Penerbangan QG 800 push back menuju Bandara Halim PK.

06.35 WIB    : Capt. Tekad di periksa di klinik Graha Angkasa Pura I oleh dr. Putu dan hasil drug and alcohol test adalah negatif.

(asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya