Sri Mulyani Deg-degan Jelang Tutup Tahun Anggaran

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.
Sumber :
  • Antara

VIVA.co.id – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku deg-degan menjelang tutup tahun Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2016. Perasaan ini pun membuat Bendahara Negara belum bisa tersenyum lebar.

IHSG Dibuka Menguat, Cek Saham-saham Pilihan Hari Ini

“Saya deg-degan. Makanya saya tidak boleh ketawa dulu, kalau bener-bener uang belum masuk,” ungkap Ani, sapaan akrab Sri Mulyani saat ditemui di Direktorat Jenderal Pajak, Jakarta, Rabu malam, 28 Desember 2016.

Keseimbangan porsi belanja yang diserap, serta pendapatan negara melalui seluruh sektor penerimaan akan menjadi perhatian mantan direktur pelaksana Bank Dunia itu dalam tiga hari ke depan jelang tutup tahun.

Jawab Mahfud MD, TKN Optimis Rasio Penerimaan Negara Naik Hingga 23 Persen

Apalagi, lanjut dia, defisit anggaran yang diproyeksikan pada tahun ini berada di kisaran 2,7 persen terhadap produk domestik bruto. Pemerintah tetap harus menjaga batas defisit, sesuai dengan Undang-undang Keuangan Negara,

“Tiga hari ini akan sangat menentukan. Kami akan terus monitor,” katanya.

Pemerintah Kantongi Penerimaan Pajak Rp 1.387 Triliun hingga September 2023

Meskipun memiliki perasaan khawatir, Ani tetap optimistis defisit anggaran tidak akan melebihi batas perkiraan. Apalagi, porsi pendapatan negara diakui telah menembus angka lebih dari Rp1.000 triliun.

“Pak Ken (Direktur Jenderal Pajak) sepertinya sumringah. Kalian tau kan kalau sumringah itu apa?,” kata Ani.

Monitor pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta.

IHSG Menguat Ditopang Capaian Penerimaan Pajak, tapi Dihantui Pelemahan Rupiah

Indeks harga saham gabungan atau IHSG melemah 18 poin atau 0,25 persen di level 7.291 pada pembukaan perdagangan Kamis, 28 Maret 2024.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024