Cisomang Diperbaiki, Gerbong KA Barang Akan Ditambah

Perbaikan retakan Jembatan Cisomang di Purwakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA.co.id – Direktorat Jenderal Perhubungan Darat memberikan alternatif angkutan kereta api kepada angkutan barang yang dikenai pembatasan mulai 30 Desember 2016 hingga 2 Januari 2017. 

Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional RI Jadi 17, Simak Daftarnya

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Pudji Hartanto mengaku telah berkoordinasi dengan PT Kereta Api Indonesia untuk menambah enam slot frekuensi gerbong pengangkut barang. 

Menurutnya, PT KAI telah menyiapkan angkutan barang kereta api dari Dryport Gede Bage ke Dryport Cikarang dan dapat diteruskan ke Pelabuhan Tanjung Priok dan sebaliknya. 

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

"Ada tambahan angkutan barang lewat kereta api karena menjadi salah satu langkah mengantisipasi lamanya perbaikan Jembatan Cisomang yang diperkirakan tiga bulan, tapi bisa saja lebih," kata Pudji di Kementerian Perhubungan, Jakarta pada Kamis, 29 Desember 2016.

Ia mengakui, saat ini belum bisa menjawab akan memberikan subsidi tarif untuk pengusaha yang menggunakan alternatif angkutan barang dengan menggunakan kereta api. 

Jokowi Resmikan Bandara Panua Pohuwato Gorontalo Senilai Rp437 Miliar

Meski demikian, terkait masa perbaikan jembatan Cisomang selama tiga bulan, bahkan bisa lebih dapat memberikan efek merugikan bagi pelaku usaha. 

"Ini kan namanya musibah. Pemerintah akan memberikan semacam ya katakanlah perhatian baik dari jadwal kemudian jumlah untuk kereta api. Dan tentunya harus kita appreciate kegiatan ini, dan tentunya diimbau kepada para pengusaha angkutan barang yang bisa manfaatkan ini.”

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya