Alasan Citilink Pecat Pilot yang Diduga Mabuk

Penerbangan Perdana Citilink di Halim Perdanakusuma
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Maskapai penerbangan Citilink Indonesia akhirnya memecat pilot berinisial T yang diduga mabuk saat bertugas menerbangkan pesawat QG 800 jurusan Surabaya-Jakarta pada 28 Desember 2016. 

Heboh Kabar Pilot dan Pramugari Selingkuh, Citilink Tak Izinkan Keduanya Terbang

President dan CEO Citilink Indonesia, Albert Burhan, mengungkapkan keputusan untuk mem-PHK pilot T bukan didasarkan pada dugaan penggunaan narkoba atau mabuk. Melainkan Citilink melihat pilot yang bersangkutan menyalahi prosedur dan menyalahi keamanan penerbangan.

Menurut Albert, terkait dengan dugaan mabuknya pilot T saat akan menerbangkan pesawat, pihaknya sedang menunggu hasil labarotorium.

Garuda Indonesia dan Capital A Sepakati Kerja Sama Perluas Jaringan Rute Citilink-AirAsia

"Kalau hasil tes narkoba memang masih menunggu hasil dari laboratorium, tapi kita tidak mau menunggu itu, makanya kami segera pecat," tegasnya di gedung Citicon, pada Jumat 30 Desember 2016.

Albert menambahkan, selain sanski pemecatan, pihak Citilink juga terus melakukan investigasi dan interview (wawancara) langsung dengan pilot yang bersangkutan.

Menteri BUMN: Citilink dan Pelita Air Merger, Garuda Tetap Premium

"Yang pasti ini kesalahan sangat fundamental, dan dia sangat ceroboh, tidak profesional, karena dapat membahayakan keselamatan penerbangan. Dia juga melanggar aturan perusahaan dalam disiplin kerja," ujarnya.
 

Kapolda Irjen Karyoto pimpin sertijab perwira dan pejabat utama Polda Metro Jaya

Terpopuler: Baret Merah Hengki Haryadi, Gus Miftah Bagi-bagi Uang, dan Pilot Citilink Selingkuh

Berita tentang penampakan Birgjen Hengki Haryadi memakai baret merah di Polda Metro Jaya jadi terpopuler di kanal news VIVA.co.id sepanjang Sabtu, 30 Desember 2023.

img_title
VIVA.co.id
31 Desember 2023