Mengintip Proses Perbaikan Jembatan Cisomang

Perbaikan Jembatan Cisomang
Sumber :
  • Chandra Gian Asmara/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Perbaikan jembatan Cisomang, tol Purbalenyi kilometer 100+700 sampai saat ini terus dilakukan oleh pihak terkait. Pekerjaan perbaikan jembatan yang bergeser sepanjang satu sentimeter di bagian pilar bawah itu diperkirakan akan rampung pada Februari mendatang.

Jasa Marga soal Truk Jalan Sendiri di Jalan Tol Kalikangkung Semarang: Sopir Lupa Rem Tangan

VIVA.co.id pada sore ini, Minggu 1 Januari 2017 berkesempatan untuk meninjau langsung progres perbaikan jembatan tersebut. Sampai saat ini, PT Jasa Marga selaku operator tengah melakukan berbagai perbaikan, untuk mengembalikan jembatan Cisomang seperti sedia kala.

AVP Corporate Communication PT Jasa Marga, Dwimawan Heru menjelaskan secara rinci progres perbaikan jembatan tersebut. Hingga kini, pekerjaan grouting terus berlangsung di pilar P1 dan P2. Grouting dilakukan dengan mengisi celah pada struktur pilar menggunakan material khusus.

Viral Truk Jalan Sendiri di Jalan Tol Kalikangkung, Sopir Pontang-Panting Mengejar

"Ini untuk mencegah retakan semakin lebar, dan melindungi tulangan pilar dari korosi," ujar Dwimawan saat ditemui di lokasi.

Pekerjaan penguatan pilar pun dilanjutkan dengan wrapping, menggunakan material fiber reinforced polymer yang sudah terpasang di pilar P0. Saat ini, operator tengah mempersiapkan pemasangan FRP di pilar P1 dan P2. PT Jasa Marga juga menyiapkan pekerjaan strutting.

Hampir 1,4 Juta Kendaraan Kembali ke Jabotabek dari Mudik Lebaran 2024

Strutting sendiri adalah pemasangan rangka baja yang menghubungkan dasar pilar P2 dan P3, serta pekerjaan rekayasa sungai Cisomang yang mengalir di antara pilar P2 dan P3 utuk mencegah aliran air sungai meresap ke bawah pondasi jembatan Cisomang.

Sementara untuk pekerjaan pemasangan boredpile, lanjut Dwimawan, Badan Usaha Milik Negara itu tengah melakukan persiapan. Dalam beberapa hari ke depan, alat bor dan material pondasi boredpile akan dimobilisasi ke lokasi pekerjaan perbaikan jembatan Cisomang.

"Satu dua hari ke depan, material dan alat sudah bisa masuk lokasi," katanya.

Dwimawan mengatakan, Jasa Marga akan terus melakukan monitoring pergerakan tanah dan pilar, serta melakukan pengukuran secara periodik untuk memantau bila terdapat perubahan elevasi setiap harinya selama masa pengerjaan perbaikan jembatan tersebut.

Rencananya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada sore ini akan meninjau langsung progres perbaikan jembatan Cisomang. Mantan bos PT Angkasa Pura II itu saat ini tengah meninjau tol Brebes Exit, Jawa Timur untuk mengetahui arus lalu lintas di wilayah tersebut selama musim liburan.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya