Hari Pertama 2017, Listrik di Sumatera Utara Padam

Ilustrasi/Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Adwit B Pramono

VIVA.co.id – Usai perayaan malam pergantian malam tahun baru 2017, masyarakat di Sumatera Utara mengalami pemadaman listrik. Pada Minggu dini hari, 1 Januari 2016, sekitar pukul 02.45 WIB hingga pukul 10.15 WIB listrik di daerah itu padam, dilanjutkan pada pukul 16.45 WIB hingga pukul 17.15 WIB.

Strategi PLN Indonesia Power Pastikan Pasokan Listrik saat Mudik Lebaran Aman

Pemadaman listrik membuat masyarakat, khususnya di kota Medan, tampak kesal dengan pemadaman listrik pada hari pergantian tahun ini. Padahal, pada tahun sebelumnya tidak terjadi pemadaman listrik saat tahun baru.

Menurut informasi yang diperoleh VIVA.co.id, pemadaman listrik terjadi, karena minimnya suplai gas di Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Belawan, Medan, Sumatera Utara.

Kontroversial, Pembangunan PLTA Terbesar di China Jadi Sorotan

"Suplai gas tersebut terhenti secara mendadak dikarenakan salah satu panel Pertagas mengalami gangguan sehingga menghentikan suplai gas ke PLTGU," ujar Deputi Manajer Hukum dan Humas PLN Wilayah Sumut, Mustafrizal di Medan, Minggu, 1 Januari 2017.

Dia menjelaskan, dengan terhentinya secara mendadak pasokan gas ke PLTGU, Belawan. Akibatnya, distribusi listrik ke masyarakat terganggu. "Proses penormalan cukup memakan waktu. Namun, pasokan listrik ke sebagian Sumut sudah kembali normal," ujar Mustafrizal.

Oversupply! Operasional Pembangkit Listrik Baru di Jawa-Bali Ditunda hingga 3 Tahun

Dengan pemadaman listrik saat liburan tahun baru di Sumatera Utara. Pihak PLN Wilayah Sumatera Utara meminta maaf kepada masyarakat. Dia mengungkapkan pihaknya terus melakukan pemulihan dan perbaikan. 

"PLN terus berupaya menormalkan pasokan listrik ke Sumut."

(mus) 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya