Lima Tips Jitu Sukses di Bisnis Online

Ilustrasi belanja online.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Seiring dengan maraknya penggunaan internet di Indonesia, bidang bisnis pun mulai memanfaatkan internet untuk menunjang bisnis perusahaan. Tren yang berkembang pesat sekarang adalah menjalankan bisnis secara online.

Bisnis Rumahan Sangat Menggiurkan, Ini Peluang dan Tantangannya

Hal ini dapat dilakukan oleh bisnis yang benar-benar baru sehingga hanya murni menjalankan bisnis melalui platform online, dan dapat juga dilakukan oleh usaha yang sebelumnya bergerak secara offline namun ingin mengembangkan pasar melalui sistem online.

Tentunya banyak perbedaan dan tantangan yang dihadapi dalam menjalankan bisnis secara online. Yang utama tentu bagaimana membentuk kepercayaan karena di dunia maya orang tidak saling bertemu dan tidak melihat fisik dari toko yang bersangkutan, sehingga wajar timbul keraguan.

Potensi Ekonomi Digital RI US$133 Miliar, Peluang Bisnis Saat Pandemi

Untuk itu, saat ini makin banyak juga situs e-commerce yang menjadi media antara pembeli dan penjual, sehingga dapat menjadi penengah untuk dapat menjaga kepentingan dua pihak baik penjual maupun pembeli.

Dengan demikian, menjual dalam melalui situs e-commerce lebih mudah daripada Anda berjualan di situs sendiri. Untuk dapat sukses berbisnis secara online, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu:

Chatib Basri Beberkan Sektor yang Mampu Bertahan di Tengah Pandemi

a.       Pemasaran

Bagi yang baru pertama kali menjalankan bisnis secara online, maka harus melakukan strategi pemasaran untuk dapat meningkatkan kesadaran calon pembeli mengenai toko Anda dan menumbuhkan ketertarikan untuk berbelanja. Hal ini dapat dilakukan dengan cara meng-endorse melalui figur publik atau memberikan promo tertentu.

b.       Buat konten menarik

Bagi yang berjualan via Instagram, dapat membuat konten yang menarik dan bermanfaat bagi followers, sehingga followers juga dapat menerima informasi yang bermanfaat dan bukan hanya tawaran produk semata.

Bagi yang berjualan via situs e-commerce, dapat memberikan konten yang menarik dalam deskripsi produk. Jadi selain menjelaskan spesifikasi dari produk tersebut, juga dapat memberikan informasi mengenai kelebihan-kelebihan lainnya. Hal ini akan memberikan calon pembeli informasi tambahan dan mereka lebih yakin bila memang penjual yang berkompeten dan menguasai produk yang dijual tersebut.

c.        Tentukan target penjualan

Untuk meningkatkan motivasi, maka perlu untuk menetapkan target penjualan. Target ini juga didasarkan pada riset yang dibuat mengenai target pasar yang ingin dijangkau dan seberapa banyak yang dapat dicapai. Penetapan segmen pasar juga berguna untuk mengatur strategi pemasaran yang efektif.

d.       Memberikan pelayanan yang memuaskan

Banyak calon pembeli yang melihat ulasan dari pembeli sebelumnya terhadap toko yang bersangkutan. Semakin banyak ulasan positif tentu akan meningkatkan keyakinan dan kepercayaan calon pembeli terhadap toko yang bersangkutan.

Untuk itu, ketika melakukan penjualan maka usahakanlah untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik sehingga pembeli pun tak ragu untuk memberikan rating maksimal bagi toko Anda.

Hal ini tidak hanya berguna untuk membuat pembeli tersebut melakukan repeat order di kemudian hari, tapi juga lebih mudah menarik pembeli baru. Apalagi banyak situs e- cmmerce yang menyediakan pilihan untuk mengurutkan penjual berdasarkan rating yang mereka dapat. Bila mempunyai rating tinggi tentu toko akan berada di daftar atas dari urutan tersebut.

e.       Foto produk yang dijual

Foto yang tepat akan memberikan informasi yang lengkap pada calon membeli dan juga memunculkan ketertarikan untuk membeli produk tersebut. Ada baiknya memberikan foto terkini dan asli dari produk yang bersangkutan, sehingga bukan hanya mengambil foto dari internet.

Dengan demikian, calon pembeli merasa yakin terhadap kondisi barang tersebut. Tunjukan barang yang dijual dengan detail dan apa adanya, sehingga tidak memunculkan perdebatan di kemudian hari dengan pembeli. Untuk dapat menarik minat pembeli, maka dapat menggunakan foto yang jelas dan menarik dengan pencahayaan yang cukup terang sehingga menarik minat untuk membeli.

Modal yang dibutuhkan tidak selalu besar

Tips-tips di atas akan memudahkan untuk berjualan secara online. Kebanyakan situs e-commerce juga tidak mengenakan biaya untuk penjual, dan hanya ada beberapa yang mengambil komisi dari penjualan. Modal yang dikeluarkan untuk berjualan online pun relatif kecil sehingga tidak perlu ragu untuk segera mencoba berjualan secara online.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya