Bikin BBM Satu Harga di Daerah, Pertamina Gandeng NU

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Dwi Soetjipto
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – PT Pertamina bersama Nahdlatul Ulama pada hari ini, Rabu 4 Januari 2017 menandatangani nota kesepahaman, yang akan menjadi landasan kedua belah pihak dalam melaksanakan kerja sama pengembangan ekonomi umat denga pemanfaatan energi.

Pertamina Resmikan 9 Titik Penyalur BBM 1 Harga di Papua dan Maluku

Direktur Utama PT Pertamina Dwi Soetjipto mengungkapkan, basis dukungan masyarakat yang lebih dari 40 juta jiwa dari NU, membuat perseroan bergerak untuk bekerja sama dalam melakukan optimalisasi pengembangan, pemanfaatan dan konservasi energi.

"PBNU memiliki perangkat para pengusaha, baik kecil, menengah dalam himpunan pengusaha. Peran ini yang mungkin coba kami dorong," jelas Dwi saat ditemui di kantor pusat PBNU, Jakarta, Rabu 4 Januari 2017.

Menteri ESDM Resmikan 17 Titik BBM Satu Harga, Ini Lokasinya

Sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo, Dwi mengatakan, peningkatan investasi menjadi poin utama yang harus terus digenjot bersama para pemangku kepentingan terkait. Sehingga, akan memberikan dampak terhadap perekonomian.

Tak hanya dari sisi investasi, kerja sama ini juga diharapkan memberikan dampak positif terhadap rencana perseroan menerapkan program bahan bakar minyak satu harga di wilayah Timur Indonesia. Dalam hal ini, yakni dari sisi arus distribusi.

Menteri ESDM Target Wujudkan 584 Titik BBM Satu Harga Sampai 2024

"Kami tentu butuh banyak agen, karena tidak mungkin satu kabupaten itu satu agen. Kami ingin apa yang ditandatangani ini memberi manfaat, sesuai visi Presiden agar Pertamina menjadi tangan rakyat," ujarnya.

Sebagai informasi, ruang lingkup potensi kerja sama untuk nota kesepahaman yang berlaku selama lima tahun ini akan meliputi beberapa poin. Seperti pengembangan usaha niaga, investasi, dan pembangunan pada sektor migas.

Kemudian, pengembangan, investasi dan pemanfaatan energi baru dan terbarukan serta konservasi energi, serta pengabdian masyarakat yang diorientasikan pada peningkatan kualitas sumber daya manusia, lingkungan dan kemaslahatan umat.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya