Bos Pertamina Ungkapkan Cara Kalahkan Petronas

Dwi Soetjipto, Kepala SKK Migas.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Direktur Utama PT Pertamina, Dwi Soetjipto, mengungkapkan strategi perseroannya agar bisa menandingi badan usaha milik negara asal Malaysia, Petronas. Setidaknya, bagi Dwi, ada dua cara untuk menungguli Petronas.

Motoris Pertamina Sudah Layani 37 Panggilan Kendaraan Pemudik Habis BBM di Tol

“Harus ada terobosan lain untuk bisa mengalahkan Petronas,” ujar Dwi saat ditemui di kantor pusat Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, Jakarta, Rabu 4 Januari 2017.

Strategi pertama, meleburkan PT Pertamina dengan PT Perusahaan Gas Negara, yang rencananya bakal direalisasikan pada tahun ini. Ini ditambah dengan sinergi bersama Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi.

Harga Minyak Dunia Naik Buntut Konflik Israel-Iran, Pertamina Pastikan Harga BBM Tak Naik

Sedangkan strategi kedua adalah dengan meningkatkan investasi jangka panjang. Menurut Dwi, dibutuhkan waktu selama 10 tahun ke depan, agar aset yang dimiliki perseroan menyamai aset yang dimiliki oleh Petronas.

“Paling tidak Rp1.000 triliun untuk membuat aset Pertamina dua kali lipat,” ujarnya.

Konsumsi BBM Pertamina Meningkat 42 Persen di Sumut saat Mudik Lebaran 2024

Mantan bos PT Semen Indonesia itu mengatakan, laba yang diperoleh Pertamina di kuartal III sebesar Rp40 triliun memang menjadi kali pertama mengalahkan Petronas. Namun, hasil tersebut hanya bersifat sementara.

“Sebab, aset Pertamina hanya sepertiga dari aset Petronas. Investasi makanya harus jalan,” tuturnya.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya