Kementerian KKP Akan Beri 1.080 Unit Kapal untuk Nelayan

Ilustrasi kapal nelayan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bakamla doc

VIVA.co.id – Kementerian Kelautan dan Perikanan tahun ini akan menyalurkan bantuan kapal dengan kapasitas di bawah 10 GT sebanyak 1.080 unit kepada nelayan seluruh Indonesia. Anggaran yang disiapkan mencapai Rp650 miliar.

Dukung Target Produksi KKP, Produsen Seafood Aruna Siap Perluas Pasar hingga Varian Produk

Kementerian melaporkan, target penyaluran kapal pada 2016, sebanyak 725 unit belum dapat terealisasi. Baru sebanyak 120 unit kapal yang akan disalurkan. Bahkan, ada sisanya yang belum rampung pembuatannya, yaitu 81 unit kapal dengan kapasitas 30 GT, seperti yang dijanjikan saat itu.

Direktur Kapal Perikanan dan Alat Penangkapan Ikan, Minhadi Noer Sjamsu mengungkapkan, ada persoalan dari sisi produksi kapal yang dihadapi, sehingga realisasi tersebut tidak tercapai.

Somalia: dari Nelayan Menjadi Bajak Laut, Kisah Pilu di Lautan Anarki

"Material terlambat dan kapasitas SDM (sumber daya manusia) kurang, yang ternyata antarwilayah enggak merata. Ada galangan kapal yang ambil tenaga kerja galangan lain dengan upah yang lebih," ujar Minhadi dalam acara paparan media di Kementerian Kelautan dan Perikanan Jakarta pada Kamis 5 Januari 2017.

Ia memperhitungkan, pembuatan kapal dapat diselesaikan pada 2017, termasuk yang kapal yang belum terselesaikan pada 2016. Kemudian, dia katakan, kapal ini akan disalurkan di antaranya ke Kabupaten Semelu, Natuna, Subang, Banyuwangi, Gorontalo, Kendari, Wajo. (asp)

Begini Detik-detik Nelayan Gondol Hiasan Emas di Kubah Masjid Buru Maluku
Angin puting beliung terpantau di perairan Bangkalan, Madura

Ngeri! Penampakan Angin Puting Beliung 'Hadang' Nelayan di Perairan Madura

Angin puting beliung terpantau berputar hebat dan menerjang perairan selat Madura, tepatnya di wilayah pesisir barat Kabupaten Bangkalan, Madura, pada Rabu

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024