Pedagang Oplos Cabai Siasati Meroketnya Harga

Ilustrasi-Cabai merah
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

VIVA.co.id – Harga cabai merah keriting yang saat ini menembus hingga Rp120 ribu per kilogram di beberapa daerah, membuat para pedagang harus memutar otak, agar daya beli masyarakat tidak menurun.

Usai Menghilang dari Pasar 3 Hari, Siap-siap Harga Tempe Tahu Naik 20%

Salah satunya dengan mencampur, atau mengoplos cabai merah keriting dengan cabai yang masih muda, cabai rawit biasa, atau dengan cabai yang berkualitas buruk.

Rohiyat, salah seorang pedagang di pasar Cikupa, Tangerang misalnya. Dia mengaku mengoplos cabai untuk menyiasati harga. 
 
"Sengaja dicampur begini, karena kalau enggak dicampur bisa mahal dan masyarakat enggak mau beli. Kalau seperti ini (dicampur), harga per kg cuma Rp60 ribu. Sementara, kalau cabai yang enggak dicampur bisa Rp120 ribu," ungkapnya, Jumat 6 Januari 2017.

Mau Relokasi Pasar Rembang, PPP Bakal Panggil Bupati Abdul Hafidz

Upaya pedagang tersebut, ternyata juga di sambut baik oleh pembeli. Tini misalnya, salah seorang pembeli di pasar itu mengaku memilih cabai campur, lantaran harga yang lebih murah.

"Enggak sanggup kalau belinya yang per jenis, mending dicampur rada murah," ujarnya.

Viral Pedagang Keliling Berjualan Sambil Pikul Anak

Menanggapi hal tersebut, Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri, Disperindag Kabupaten Tanggerang, Tubagus Buqhori mengatakan, saat ini, memang harga kebutuhan pokok tengah mengalami kenaikan, khususnya pada cabai merah dan keriting.

"Memang dari pantauan kami, harga cabai merah di tujuh pasar kawasan Kabupaten Tangerang, seperti Pasar Curug dan Cikupa, harga cabai mengalami kenaikan. Hal ini, karena pasokannya minim hingga harga dari pasar induknya juga tinggi," paparnya. (asp)

ID FOOD salurkan minyak goreng ke pasar tradisional.

Kemendag Gelar Operasi Pasar 10 Ton Minyak Goreng di Surabaya

Operasi pasar minyak goreng tersebut dilakukan di Pasar Tambahrejo dan Pasar Pucang Anom, Surabaya, Jawa Timur.

img_title
VIVA.co.id
21 Februari 2022