TUTUP
TUTUP
BISNIS

Lima Hal ini Bisa Kurangi Kebiasaan Belanja Tak Penting

Belanjalah pada sesuatu yang menurut Anda bermanfaat untuk digunakan.
Lima Hal ini Bisa Kurangi Kebiasaan Belanja Tak Penting
Ilustrasi kebiasaan belanja berlebih. (Businessinsider.com)

VIVA.co.id – Jika Anda terus-menerus bertanya di mana uang Anda pergi, mulailah dengan mempertimbangkan berapa banyak kebiasaan belanja Anda yang dilakukan dalam satu hari. Anda juga harus mulai berfikir apakah yang dibeli sesuatu yang benar-benar diperlukan, atau hanya untuk bergaya mewah di dekat teman Anda saja.

Dilansir dari laman Business Insider, Senin 9 Januari 2017, kebiasaan Anda yang terlihat kecil dan berlangsung secara sering memang tidak terlihat, namun secara tidak sadar membuat ratusan, atau bahkan ribuan dolar uang Anda per tahun lenyap begitu saja dan menguras tabungan Anda.

Untuk itu, kita perlu kembali berkaca dari setiap pertanyaan ini, "Apakah kebiasaan tersebut telah menyelamatkan Anda dari jumlah uang yang besar selama ini? Apakah Anda perlu melakukan perubahan gaya hidup untuk menyimpan uang? Dengan demikian, ada lima hal yang mungkin bisa menjadi perhatian Anda untuk mencapai itu yaitu:

1. Jadilah orang yang senang dengan apa yang sudah Anda miliki

Dalam kutipan Thomas Antunez menulis:

"Belajarlah untuk menginginkan hal-hal yang sudah Anda miliki. Karena, kesalahan pengelolaan keuangan terbesar yang pernah dibuat itu adalah ketidakmampuan untuk puas dengan apa yang sudah di miliki. Selain itu, percayalah keinginan untuk berlomba memiliki sesuatu tidak akan bisa menang"

2. Lihat lima pertanyaan ini ketika ada keinginan belanja

Dalam kutipan Belavadi Prahalad menulis:

"Ingin, atau kebutuhan? Apakah saya membutuhkannya? Apakah saya melihat diri saya menggunakannya? Seberapa sering? Apakah layak waktu?"

Pertanyaan-pertanyaan itu harus dijalankan ketika ingin membeli sesuatu sebagai sebuah titik untuk mengumpulkan uang Anda seperti untuk membayar sewa rumah atau makanan.

3. Hindari kartu kredit

Dalam kutipan Ly Nguyen menulis:

"Kartu kredit menggoda Anda dan menipu Anda dan berpikir Anda memiliki uang ketika Anda kehabisan uang. Bahkan, sebelum Anda menyadarinya, Anda terjebak membayar utang, ditambah lagi bunga yang mengerikan. Sehingga, hindari membayar bunga apapun jika Anda sudah memiliki utang dan itu prioritas nomor satu Anda untuk menyingkirkan."

4. Hentikan lapar mata dalam belanja

Dalam kutipan Angela Recruiter menulis:

"Ketika Anda berbelanja dan hati Anda melompat saat melihat produk xyz, dan Anda pikir itu cinta pada pandangan pertama, Tunggu dulu!, hal itu belum tentu sama ketika Anda kembali ke tempat itu dalam beberapa jam kemudian atau sehari kemudian. Sebab, hasrat itu berbeda, sehingga jangan membeli sesuatu dari dorongan jangka pendek, Anda harus kembali pikir, apakah Anda bahagia dengan pembelian itu nanti? Untuk berapa bulan, atau setahun bisa dipakai?

5. Lakukan semua hal sendiri

Dalam kutipan Betsy Megas menulis:

"Saya menikmati tantangan belajar keterampilan baru dan kepuasan menyelesaikan tugas. Di antara hal-hal yang dikerjakan cukup baik, yaitu perbaiki pipa, lukisan interior, menjahit, pemeliharaan sepeda, dan memasak. Aku masih bekerja pada berkebun, dan saya pikir saya ingin belajar dan meningkatkan keterampilan konstruksi dasar (saya ingin membangun sebuah dek atau teras dan memperbaiki beberapa pagar) dan mungkin belajar tentang merakit komputer. Di sini sekali lagi, saya melihatnya sebagai hiburan dan menghindari beban belanja. Kadang juga berolahraga. " (asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP