Mendag Klaim Harga Tiga Jenis Cabai Mulai Turun

Komoditas cabai merah di pasar
Sumber :
  • VIVa.co.id/Shintaloka Sicca

VIVA.co.id – Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengklaim harga jenis cabai merah besar, merah keriting, dan rawit hijau sudah mengalami penurunan harga. Sementara itu, untuk harga cabai rawit merah saat ini, yang masih menjadi persoalan karena harga masih tinggi. 

Daftar Harga Pangan 27 Maret 2024: Beras Premium hingga Cabai Naik

Enggar menyebutkan, harga cabai merah besar Rp38 ribu per kilogram (kg), cabai merah kriting rata-rata sekitar Rp39 ribu-Rp40 ribu per kg. Lalu, harga cabai rawit hijau juga di bawah Rp50 ribu per kg, bahkan di beberapa daerah hanya Rp32 ribu per kg. 

"Jadi, dari empat jenis cabe, yang menjadi persoalan adalah cabe rawit merah. Secara garis besar, hanya satu yang memang mengalami kenaikan. Tetapi, di beberapa daerah sudah mulai kembali turun (harga cabai rawit merah)," ujar Enggar di Kementerian Perdagangan Jakarta, Senin 9 Januari 2017.

Kemenko Perekonomian Ungkap Besarnya Gap Pasokan Pangan: 50 Persen Terpusat di Pulau Jawa

Ia mengungkapkan, terkait hal itu, dia telah menanyakan ke Kementerian Pertanian (Kementan) dan diperoleh alasannya, karena produksi menurun yang semata-mata berdalih akibat dari curah hujan tinggi. 

Kemudian, ia mengungkapkan, telah melakukan pemetaan daerah produksi dan kebutuhan dengan bekerja sama dengan Kementan, agar tercapai keseimbangan. "Daerah-daerah yang surplus produksi, sisanya dikirimkan ke daerah yang kekurangan produksi," ucapnya. 

Daftar Harga Pangan 20 Maret 2024: Bawang hingga Telur Naik

Lalu, ia mengungkapkan, ternyata fasilitas cold storage untuk bahan pangan tidak efisien digunakan untuk memperpanjang usia konsumsi komoditas cabai. 

Meski masih tingginya harga cabai rawit merah, dia mengklaim, paling tinggi sekitar Rp100 ribu-Rp120 ribu per kg, tidak tembus ke kisaran Rp200 ribu per kg. Sementara itu, daerah produksi cabai rawit merah disebut ada di Gorontalo, Kupang, dan Jawa Barat. (asp)

Ilustrasi daging sapi

Daftar Harga Pangan 28 Maret 2024: Bawang Merah, Cabai hingga Daging Sapi Naik Lagi

Harga komoditas pangan masih terpantau mengalami kenaikan. Beberapa di antaranya seperti bawang merah, cabai, daging sapi, hingga gula konsumsi.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024