Presiden Heran BUMN Dipimpin Bule Kok Ribut, Lihat PSSI

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Moh Nadlir

VIVA.co.id – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan mengaku mendukung pernyataan Presiden Joko Widodo yang memberikan kesempatan bagi Warga Negara Asing untuk memimpin perusahaan Badan Usaha Milik Negara. Luhut mengklaim heran, lantaran banyaknya masyarakat yang mengkritik pernyataan presiden tersebut dengan alasan nasionalisme.

Jadi Top 5 Perusahaan TIC di Asia Pasifik, IDSurvey Tetapkan Visi Top 20 Global

Luhut membandingkan hal itu dengan fenomena di tubuh Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia yang pelatihnya merupakan seorang ‘bule’. Dan selama ini tak ada masyarakat yang mengritik.

"Orang ribut, (ketika) presiden bilang dan memikirkan CEO BUMN orang bule. Pelatih PSSI juga bule kok enggak pada ribut? Jadi ini kan menchalenge (menantang), kalau memang enggak bisa orang Indonesia ya kita pake aja bule, nah begitu aja ribut, terus malah bilang enggak nasionalis," kata Luhut di kantornya, Jakarta, Senin 9 Januari 2017.

Kementerian Ajak Pegawai BUMN 'Curhat' Demi Jaga Kesehatan Mental

Luhut mengatakan, masyarakat Indonesia harusnya bisa menahan emosi, dan tidak terlalu cepat marah. Ia mencontohkan, negara-negara lain seperti Dubai dan Bahrain telah melakukan langkah tersebut.

"Ya mbok mikirnya jangan cepat-cepat marah. Kita kan bisa bikin itu sebagai testing, contoh Dubai Bahrain segala macam itu, mereka kan pakai bule semua itu. Lalu,pesawat terbang Emirates, CEO nya orang Inggris tuh. Berarti (disimpulkan) arab itu enggak nasionalis tuh. Ya enggak?" kata Luhut.

Erick Thohir Rombak Jajaran Petinggi Pelindo, Agus Suhartono Masuk Jajaran Komisaris

Luhut mengatakan, ketika Emirates dipimpin oleh CEO asing, justru maskapai tersebut bisa lebih bersaing dengan maskapai internasional lainnya seperti Singapore Airlines (SQ).

“Kenapa PSSI itu enggak ada yang ribut tuh. Ya boleh dong, carilah CEO yang terbaik, untuk nanganin apa, kalau kelihatan kita ngeluh terus. Enggak ketemu terus, makanya kita cari semua alat untuk kita bisa bikin bagus," kata Luhut.

Deputi Bidang Manajemen Sumber Daya Manusia, Teknologi, dan Informasi Kementerian BUMN Tedi Bharata (kiri) saat menyerahkan keputusan Rapat Umum Pemegang Saham pengangkatan Nawal Nely (kanan) sebagai Komisaris PLN.

Erick Thohir Rombak Komisaris PLN, Nawal Nely Gantikan Tedi Bharata

Erick Thohir Rombak Jajaran Komisaris PLN, Nawal Nely Gantikan Tedi Bharata

img_title
VIVA.co.id
20 Maret 2024