TUTUP
TUTUP
BISNIS

OJK Jaring Calon Investor Saham Lewat Game Internet

Permainan ini sudah menyebar hingga 18 kota di Indonesia.
OJK Jaring Calon Investor Saham Lewat Game Internet
BEI Ajak Investor Muda melalui Games Online (VIVA.co.id/Romys Binekasri)

VIVA.co.id – PT Bursa Efek Indonesia terus berupaya dengan melakukan banyak strategi guna meningkatkan jumlah investor di pasar modal. Di samping melakukan edukasi dan sosialisasi secara formal, kini BEI bersama Otoritas Jasa Keuangan atau OJK menggunakan permainan berbasis Internet untuk menjaring investor muda.

Kepala Departemen Pengawas Pasar Modal 1A OJK, Gonthor R. Aziz menjelaskan, pada 23 Agustus 2016 lalu, BEI menggandeng sejumlah anak muda meluncurkan dua permainan bertema investasi pasar modal yakni Stocklab dan Nabungsaham Go. Respons dari masyarakat terkait kedua permainan itu juga cukup positif.

"Selama ini kan kita sudah lakukan sosialisasi edukasi. Mulai 2016 lalu kita coba gunakan metode lain untuk sosialisasikan keberadaan pasar modal melalui dua game investasi ini," tutur Gonthor di Gedung BEI, Jakarta, Selasa, 10 Januari 2017.

Gonthor mengungkapkan, pada awalnya dua permainan itu hanya untuk disosialisasikan di wilayah Jabodetabek dan Bandung, namun dari mulut ke mulut menyebar hingga ke wilayah lain. Maka banyak dari Universitas di kota lain meminta BEI untuk memperkenalan kedua permainan itu.

"Misalnya Padang, Aceh, Manado akhirnya kami berpikir kenapa tidak kita ekspansi saja. Jadi sampai akhir Desember lalu tidak terasa sudah 18 kota. Sebagian besar Universitas yang kita datangi itu mereka yang minta, ini luar biasa. Ini di inisiasi oleh mahasiswa itu sendiri," tuturnya.

Dengan antusiasme yang besar, OJK dan BEI berencana akan menggelar kompetisi nasional untuk kedua permainan itu. Di mana pada 10 Agustus 2017 akan dilangsungkan babak final yang digelar di Main Hall Gedung BEI, Jakarta.

"Setelah berdiskusi dengan BEI kami sepakat untuk melakukan kompetisi nasional Stocklab dan Nabungsaham Go. Paling tidak kami ambil pemenang di 20 kota antara dua atau tiga orang untuk bertanding di Jakarta," ujarnya.

Sekadar informasi, Stocklab merupakan permainan kartu yang bisa dimainkan oleh empat hingga enam pemain. Sementara Nabungsaham Go merupakan permainan investasi pasar modal secara online berbentuk aplikasi yang dimainkan secara individual. Permainan ini bisa diunduh lewat AppStore maupun GooglePlay.

 

(ren)
 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP