Wali Kota Makassar Berbagi Cerita Kesuksesan Ekonomi Kotanya

Wali Kota Makassar, Danny Pomanto.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Wali Kota Makassar Danny Pomanto menyebutkan telah melakukan beberapa inovasi di daerahnya, sehingga pertumbuhan perekonomian Makassar dapat naik dari 7,4 persen menjadi delapan persen, tertinggi di Indonesia. Sementara itu, pendapatan per kapita dari Rp46 juta, menjadi Rp86 juta. 

BPS: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia di 2021 Capai 3,69 Persen

"Inovasi ini saya belajar di 2006, saya bertemu dengan wali kota di Konnichiwa, di Brasil. Dia (para wali kota) bilang, wali kota bukan tukang sulap. Kita butuh orang cerdas, kreatif, adalah orang yang bisa menyelesaikan persoalan dengan kreatif. Makanya, makin banyak nol (nominal anggaran) yang bisa dihilangkan (dikurangi)," ujar Danny di kantor Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas Jakarta, Rabu 11 Januari 2017.

Menurutnya, inovasi menjadi bagian untuk menggerakkan kesejahteraan masyarakat, yang diawali dengan pemetaan kebutuhan dari masyarakat tersebut. 

BI Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi RI 2022 Maksimal 5,5 Persen

"Pemda (Pemerintah Daerah) dan Pemkot (Pemerintah Kota) harus menjawab apa kesulitan masyarakat, apa yang dibutuhkan masyarakat. Kalau enggak berpikir dengan sehat, kita enggak bisa mencapai solusi yang tepat. Itu harus suatu keharusan," ucapnya. 

Namun, ia katakan, persoalannya kadang inovasi susah diterapkan. Maka, dia mendorong masyarakatnya untuk menjadikan inovasi sebagai bagian dari penggerak aktivitas ekonomi masyarakat. 

Pertumbuhan Ekonomi 5,5 Persen pada 2022 Dapat Tercapai Jika...

Contoh inovasi yang ia lakukan meliputi program home care, yaitu suatu pelayanan kesehatan 24 jam untuk datang ke rumah warga, yang mana disediakan 48 mobil kecil khusus yang dilengkapi dengan fasilitas pemeriksaan. 

Ada juga, Makassar Smart Card, yang dibagikan ke masyarakat tanpa biaya dan dapat digunakan di mana saja dalam berbagai transaksi. (asp)

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kemenkeu, Febrio Kacaribu.

Kemenkeu: Pertumbuhan Ekonomi 2021 yang Dirilis BPS Sesuai Prediksi

BPS baru saja merilis pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal IV-2021 sebesar 5,02 persen dan sepanjang 2021 3,69 persen.

img_title
VIVA.co.id
7 Februari 2022