KRL Belum Layani 24 Jam, Ini Alasannya

Penumpang KRL di Stasiun Manggarai
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Rahmat

VIVA.co.id – PT Kereta Api Indonesia Commuter Jabodetabek menyatakan, hingga kini Kereta Rel Listrik Commuter Line Jabodetabek belum bisa melayani penumpang penuh operasional selama 24 jam.

Ramp Check Angkutan Lebaran 2024, Dishub Tangerang: Bus Pakai Klakson Telolet Tak Laik Jalan

Hal itu, karena perseroan membutuhkan waktu perawatan, atau maintenance kereta selama empat jam dalam sehari dan waktu pembersihan stasiun.

Direktur Utama PT KCJ, Muhammad Nurul Fadhila mengaku paham, jika warga Ibu kota membutuhkan transportasi hingga larut malam, karena lembur dan sebagainya. Namun, ada beberapa hal terkait pelayanan yang dirinya tak mau terabaikan demi mengejar target operasional. 

Rehabilitasi Pasca Bencana, Jokowi: Gedung RSUD Anutapura Palu Pertama Pakai Sistem Shockbreaker

"Kami butuh merawat sarana itu minimal empat jam dalam satu hari dan kami juga butuh waktu supaya stasiun itu bersih, karena kereta akan melayani lagi penumpang esok harinya," kata Fadhila di Jakarta, Rabu 11 Januari 2017. 

Dia mengungkapkan, mengenai penambahan jam operasional itu pihaknya akan melihat sesuai dengan situasi ke depannya. “Jika sudah memungkinkan secara situasi dan kondisi, tentu akan dilakukan. Kami tidak mau mengejar operasional terus, akibatnya hal yang terkait pelayanan langsung jadi terabaikan," kata dia. 

Jokowi Resmikan Bandara SIS Al-Jufri dan Tiga Bandara di Sulawesi

Fadhila menambahkan, saat peak season, pada tahun baru, pihaknya telah menambah jam operasional KRL. Hal ini akan menjadi pertimbangan bagi perusahaan ke depan. 

"Kalau tahun baru kemarin, kita sudah tambah (jam operasional). Tetapi, apakah seperti itu terus kita akan lihat," kata dia. (asp)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) Resmikan Pelabuhan Wani Sulawesi Tengah

Jokowi Senang Pelabuhan Wani dan Pantoloan Berdiri Kokoh Lagi Usai Diguncang Tsunami Palu 2018

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali meresmikan rehabilitasi dan rekonstruksi Pelabuhan Wani dan Pelabuhan Pantoloan di Kawasan Teluk Palu, Kabupaten Donggala, Sulawesi

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024