Harga Cabai Naik, Ini Komentar Menteri Perdagangan

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Raudhatul Zannah

VIVA.co.id – Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan pemerintah tidak perlu membuat badan khusus yang menangani lonjakan harga cabai untuk menekan harga yang terus meroket. 

Klarifikasi Menteri Perdagangan soal Pelarangan Minyak Curah

Menurut Enggar, sudah ada undang-undang mengamanatkan badan pangan, tapi memang tidak ada yang secara spesifik mengatur untuk holtikultura. 

"Kita jangan terlalu banyak bikin badan deh, sudah ada badan, yang ada saja. Kita nanti tambah lagi anggarannya. Sudah," kata Enggar di kantor Kementerian Perdagangan Jakarta Rabu, 11 Januari 2017.

Mendag Nilai Sinergi Offline Online Bikin Jualan Lebih Untung

Ia mengatakan, saat ini untuk menekan harga cabai, menjadi tugas dari Menteri Pertanian. Dia menilai Mentan sudah sangat kompeten untuk hal tersebut, di mana kebijakan Mentan dinilai berhasil menekan impor.

"Beras sudah tidak impor, jagung kita kurangi impornya. Terus buat apa lagi. Cukup Pak Mentan sendiri sudah bagus, dan punya Dirjen juga. Cukup ditangani Pak Dirjen Hortikultura. Kita juga punya Badan Karantina yang galak," tuturnya.

Balas Uni Eropa, Mendag Ajak Importir Cari Produk Susu di Negara Lain

Ia juga menegaskan, saat ini cabai tidak perlu impor. Sebab, menurutnya, harga yang naik hanya cabai rawit merah, karena faktor cuaca yang tidak bisa disalahkan. 

"Makanlah cabai rawit hijau yang juga sama. Cabai rawit merah itu sesaat, dan tidak mungkin urusan sesaat kita harus impor. Kalau hujan begini, kita tidak bisa setop. Bagaimana, hujannya besar seperti ini," ungkapnya. (ase)


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya