Progres Perbaikan Jembatan Cisomang Baru Capai 10 Persen

Perbaikan Jembatan Cisomang
Sumber :
  • Chandra Gian Asmara/VIVA.co.id

VIVA.co.id – PT Jasa Marga Tbk, tengah memperbaiki pergeseran jembatan Cisomang yang menjadi penyangga jalan tol Purwakarta-Bandung-Cileunyi (Purbaleunyi) KM 100+700. Hingga kini, progres penyelesaian jembatan yang menjadi penghubung jalur Jakarta-Bandung itu baru selesai sekitar 10 persen.

Jasa Marga soal Truk Jalan Sendiri di Jalan Tol Kalikangkung Semarang: Sopir Lupa Rem Tangan

Kondisi jembatan masih dalam kondisi aman, namun kendaraan yang bisa melintas di jalan tersebut dibatasi hanya kendaraan kecil, atau golongan I saja.

VP Maintenance Jasa Marga, Reza Febriano mengatakan, pihaknya terus melakukan perbaikan di bawah koordinasi supervisi Ditjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, serta Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ). Penanganan yang dilakukan saat ini, masuk dalam kategori penanganan darurat.

Viral Truk Jalan Sendiri di Jalan Tol Kalikangkung, Sopir Pontang-Panting Mengejar

"Persentase penanganan darurat yang sudah dilakukan sekitar 10 persen, karena masih pekerjaan awal. Kalau sekarang dilihat, sudah ramai yang bekerja di bawahnya (penggalian tanah)," kata Reza di kantor pusat Jasa Marga, Kamis 12 Januari 2017.

Selain perbaikan terhadap struktur Jembatan Cisomang, Jasa Marga mengaku kini tetap melakukan pengawasan terhadap posisi pilar menggunakan metode verticality dan arah xyz (3D model), serta monitoring pergerakan jembatan dalam waktu 24 jam menggunakan alat ukur otomatis robotic total station, yang dapat mengukur pergerakan jembatan hingga satuan milimeter.

Hampir 1,4 Juta Kendaraan Kembali ke Jabotabek dari Mudik Lebaran 2024

Berdasarkan hasil pengamatan pihaknya, Reza mengatakan, dapat disimpulkan, kondisi jembatan masih dalam kondisi aman untuk dilalui oleh kendaraan kecil, atau golongan I non bus.

Reza pun menargetkan, penyelesaian pekerjaan ini dapat terealisasi pada Maret 2017. "Saat ini, dalam tahap dimulai, sesuai dengan arahan pak menteri (PUPR) ini bisa kita selesaikan dengan baik yang ditargetkan selesai pada bulan Maret 2017," kata dia. (asp)

Menteri BUMN Erick Thohir

Erick Beberkan Alasan Stasiun Kereta Cepat Karawang Belum Beroperasi 

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir buka-bukaan alasan belum beroperasinya Stasiun Kereta Cepat Karawang. Penyebab belum dibukanya Stasiun Karawang dian

img_title
VIVA.co.id
21 April 2024