10 Juta Bibit Cabai Siap Diberikan ke Ibu-ibu Rumah Tangga

Ilustrasi tanaman.
Sumber :
  • VIVA/Daru Waskita

VIVA.co.id – Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita telah mengimbau masyarakat untuk tanam cabai merah sendiri dalam mengantisipasi naiknya harga. Itu sebabnya, dalam rangka mensukseskan imbauan itu, panitia pameran produk pertanian Agrinex Expo 2017 menyiapkan 10 juta bibit cabai kepada ibu-ibu rumah tangga sekaligus memberi mereka pelatihan. 

Neraca Perdagangan RI Surplus 47 Bulan Berturut-turut, Mendag: Bagian dari Keberhasilan Kemendag

"Kita sambut gagasan itu. Sekarang bagaimana menanam pangan itu, dari menggunakan pupuk, benih, sampai caranya disiapkan Kemendag (Kementerian Perdagangan)," ujar Ketua Penyelenggara Agrinex, Rifda Ammarina, di kantor Kementerian Pertanian Jakarta pada Kamis, 12 Januari 2017.

Maka, mereka menyiapkan program berkelanjutan dan diharapkan akan ada efek langsung di tingkat rumah tangga. 

Soal Utang Rafaksi Minyak Goreng ke Pengusaha, Kemendag: Mudah-mudahan Mei Selesai

"Ada 10 juta benih cabai diberikan ke ibu rumah tangga. Kalau tidak ada ilmunya, bisa mubazir. Mudah-mudahan ke depan tidak ada masalah cabai lagi," kata Rifda, yang aktif di Komite Tetap Akses Pasar UMKM Kadin Indonesia. 

Agrinex bekerja sama dengan beberapa pihak untuk melaksanakan program ini, yaitu Institut Pertanian Bogor (IPB), Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI), Koperasi Agrobisnis dan Agroindustri Indonesia (KAAI), serta berbagai kementerian/lembaga.

PB KAMI Laporkan Dugaan Oknum Pejabat yang Terima Suap Pengusaha Oli dan Sparepart Palsu

Ketua Umum DPP IWAPI, Dyah Anita Prihapsari, mengaku serius mendukung adanya program menanam cabai mandiri dengan membantu mensosialisasikan program ini ke para anggotanya dan jaringannya, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten. 

"Dengan Agrinex, IWAPI mendukung gagasan Pak Mendag. Menawarkan kalau anggota punya lahan tidur, monggo ditanamkan cabai, bawang dan lainnya," ujar Dyah. 

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya