50 Tiang Pancang Akan Dipasang di Jembatan Cisomang

Proses perbaikan Jembatan Cisomang di jalur Tol Purbaleunyi Purwakarta Jawa Barat, Jumat (23/12/2016). Tiang jembatan ini dilaporkan bergeser dan berpotensi membahayakan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Twitter@DediMulyadi71

VIVA.co.id – Sebanyak 50 buah tiang pancang atau bore piles akan diletakkan di lapisan batuan breksi guna memperkuat pondasi Jembatan Cisomang di Tol Cipularang yang saat ini dalam perbaikan pasca bergeser beberapa sentimeter. 

Sri Mulyani Ungkap 'Kontraksi Dalam' Belanja Modal Januari 2022

Usai meninjau progres perbaikan Jembatan Cisomang Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono memastikan jika upaya perbaikan jembatan dapat diselesaikan sesuai jadwal, yakni pada 31 Maret 2017 mendatang.

"Saat ini telah dilakukan berbagai kajian awal dan  persiapan lingkungan kerjanya. Mudah-mudahan kalau lancar, mulai Senin 16 Januari 2017 akan dimulai penanganan dengan konstruksi bore piles. Insya Allah, akhir Maret 2017 target penyelesaian pekerjaan masih bisa kita penuhi," kata Basuki dalam keterangan tertulisnya, Jumat 13 Januari 2017.

Daftar 12 Ruas Jalan Tol Baru yang Diresmikan 2021

Selain itu antara pilar P2 dengan P3 juga akan diikat dengan kolom baja (strutting) sepanjang 30 meter, serta dikuatkan dengan pemasangan Fiber Reinforced Polymer (FRP).

Mengenai pergerakan tanah, Basuki mengatakan saat ini masih dalam kondisi aman, dan terus dilakukan monitoring intensif dengan teknologi Robotic Total Station secara kontinyu 24 jam. "Terutama pada musim hujan, di mana debit air dapat memberikan pengaruh pada pergeseran struktur jembatan," kata Basuki.

Sambungkan Jabar dan Jateng, Tol Getaci Telan Dana Rp56 Triliun

Ia memprediksi, anggaran yang dibutuhkan untuk penanganan Jembatan Cisomang sekitar Rp70 miliar. Dengan bantuan dari sejumlah pihak dalam upaya perbaikan jembatan ini, Basuki berharap proses pengerjaannya akan selesai tepat waktu.

"Kementerian PUPR didampingi oleh tenaga ahli dari berbagai disiplin, antara lain yang berasal dari Komisi Keamanan Jembatan Panjang dan Terowongan Jalan (KKJTJ), LAPI ITB, dan PT Jasa Marga selaku pengelola jalan tol. Diharapkan ini bisa selesai tepat waktu," tuturnya.  

Pengguna jalan tol melintas di samping gardu tol yang melayani pengisian ulang e-Money Mandiri di Gerbang Tol Cililitan, Jakarta, Selasa, 10 Februari 2017.

Siap-siap Tarif Tol Dalam Kota Resmi Naik Besok, Ini Rinciannya

Tarif tol dalam kota akan naik sebesar Rp500 pada Sabtu 26 Februari 2022 pukul 00.00 WIB pada semua golongan kendaraan.

img_title
VIVA.co.id
25 Februari 2022