Plus Minus Gunakan Bahan Parket Motif Kayu di Lantai Rumah

Ilustrasi lantai kayu untuk rumah.
Sumber :
  • rumahku.com

VIVA.co.id – Saat mendesain ulang rumah, lantai seperti apa yang akan Anda gunakan untuk mengganti yang lama? Ada berbagai macam material yang bisa Anda gunakan untuk memperindah lantai seperti keramik, marmer dan parket.

Jangan Cuma Cantik, Perhatikan Ini Saat Pilih Ubin Rumah

Dikutip dari laman Rumahku.com, pada Senin 16 Januari 2017,  parket sendiri merupakan lantai kayu yang digunakan untuk meningkatkan estetika interior rumah. Parket mempunyai permukaan dengan tekstur yang memberi kesan nyaman dan mewah.

Selain karena alasan estetika, menggunakan parket untuk lantai juga bisa memberi dampak positif untuk kesehatan penghuni rumah. Selain itu penggunaan parket pada lantai juga membuat lantai menjadi terlihat bersih dan bagus. Kita pun juga nyaman untuk berjalan di atasnya. Parket ini terbagi menjadi dua yakni parket kayu serta parket kayu sintetis. 

7 Tips Pilih Lantai yang Mudah Perawatannya

Contoh penggunaan lantai kayu keras

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan dibalik dua material ini yaitu:

Lantai Berukuran Lebar Beri Efek Mewah dan Elegan

1. Kelebihan parket kayu solid

Jika Anda memilih lantai parket kayu solid, bahan kayu solid mempunyai penampilan yang menarik dan bagus karena langsung dari pohon, untuk keawetannya ia juga lebih baik dibandingkan dengan jenis lantai kayu yang lain.

2. Kekurangan parket kayu solid

Kekurangan dari parket kayu solid, ia lebih rawan pada kelembapan karena dapat menyusut dan memuai, selain itu harga kayu solid juga lebih mahal bila dibandingkan dengan kayu yang lain. Karena parket ini terbuat dari kayu solid asli dengan bahan yang terbatas, harganya pun menjadi lebih tinggi dan mahal dibanding dengan parket dari kayu sintetis.

3. Kelebihan parket kayu laminated

Parket yang berasal dari kayu laminated memiliki penampilan yang lebih bagus, hal ini dikarenakan lapisan bagian atasnya masih menggunakan vaneer. Ini membuatnya terlihat seperti kayu solid. Dibandingkan dengan kayu solid, harga dari parket kayu laminated ini juga cenderung lebih murah.

4. Kekurangan parket kayu laminated

Kelemahan lantai kayu dengan bahan laminated, keawetan yang diberikan tidak sebagus seperti kayu solid. Parket yang berasal dari kayu sintetis ini rawan dengan kelembapan. Karena kekuatan yang ia miliki di bawah kualitas lantai kayu solid, wajar rasanya bila parket dari kayu ini rawan terkena rayap.  

(ren)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya