Tempat Ini Rawan Penggunaan Kartu Debit

Ilustrasi/Anjungan Tunai Mandiri
Sumber :
  • http://techkonnect.com.au

VIVA.co.id – Kartu debit yang Anda miliki adalah salah satu alat pembayaran yang cukup mudah penggunaannya, saat melakukan transaksi non tunai di beberapa outlet yang menerima transaksi tersebut.

Tips Jitu Agar Tak Keteteran Bila Punya Pekerjaan Sampingan

Kartu debit ini secara fisik hampir sama dengan kartu kredit, namun prosesnya tentu berbeda. Kartu debit langsung memotong dana dari rekening, sementara kartu kredit memperbolehkan Anda untuk berutang atas sebuah pembelian.

Sama halnya seperti kartu kredit, kartu debit juga rentan untuk mengalami pembobolan yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, jika saja kita kurang hati-hati saat menggunakannya. Bahkan, dibandingkan kartu kredit, kartu debit lebih berisiko untuk hal yang berbahaya tersebut. Sebaiknya tidak menjadikan kartu debit seperti kartu kredit, jika ingin menggunakannya dengan lebih aman.

Delapan Pekerjaan yang Bakal Digantikan Robot di Masa Depan

Ada beberapa hal yang membuat kartu debit bisa berbahaya ketika digunakan di beberapa area berikut ini:

1.    Di mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM)

Tak Banyak yang Tahu, Ini Saat Tepat untuk Punya Asuransi Jiwa

ATM yang biasanya kita gunakan untuk menarik uang, saat berada di mal atau di minimarket, rupanya merupakan tempat yang harus diwaspadai, saat melakukan transaksi di dalamnya.

Biasanya, ATM dari masing-masing bank memiliki tempatnya sendiri, dan hanya bisa digunakan untuk satu orang saja. Tingkat kriminalitas yang tinggi menjadikan tempat yang tadinya aman ini, menjadi sasaran penjahat untuk bisa membobol uang di dalamnya. 

Sebaiknya berhati-hati dalam menjaga kerahasiaan PIN kartu debit, dan jangan mudah percaya dengan orang yang bermaksud meminta bantuan, atau sebaliknya. Selain itu, Anda masih bisa menggunakan ATM di kantor cabang bank terkait, biasanya pengamanan di sekitar bank masih cukup tinggi.

2.    Di restoran

Restoran juga menjadi salah satu tempat yang seringkali membutuhkan uang untuk melakukan transaksi pembelian makanan di dalamnya. Mereka juga menerima pembayaran dengan kartu debit atau nontunai.

Untuk menjaga keamanan, ketika kartu debit Anda diminta oleh pihak kasir untuk membantu transaksi, sebaiknya perhatikan dengan saksama, ke mana kasir membawa kartu debit tersebut. Tidak usah terlalu curiga, namun untuk keamanan, rasanya tidak ada salahnya untuk memperhatikan hal kecil seperti itu.

3.    Melalui website

Bagi yang suka berbelanja online, tentu sudah cukup sering menggunakan kartu kredit atau kartu debit. Di balik kemudahan penggunaannya, sebaiknya tetap waspada, karena sekarang ini, semakin canggihnya teknologi, para hacker juga cukup mengancam keamanan transaksi online kita.


Gunakan kartu debit dengan bijak

Tidak hanya pengguna kartu kredit, Anda yang sering berbelanja ke pasar juga perlu meng-updrade infomasi kartu, dan usahakan selalu membawa uang receh yang diperlukan untuk parkir. Menggunakan kartu debit umumnya jika belanja, transaksinya dan keuangan yang dimiliki bisa lebih mudah diketahui.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya