10 Maskapai Biaya Murah dan Aman di Tahun 2017

Virgin America
Sumber :
  • BusinessInsider

VIVA.co.id – Maskapai penerbangan dengan biaya murah telah menjadi model bisnis sejak beberapa dekade dan telah menjadi yang utama dalam industri penerbangan saat ini. 

Bos InJourney Airports 'Curhat' Kendala di Industri Aviasi

Dilansir dari Business Insider, dari 425 maskapai di seluruh dunia, website AirlinesRatings.com telah memilih 10 maskapai penerbangan reguler maupun charter yang berbiaya murah dan aman. 

Untuk membuat daftar tersebut, AirlinesRatings mengevaluasi setiap maskapai berdasarkan kapan berdiri dan kejadian fatal yang menyebabkan kematian dalam 10 tahun terakhir. 

Kemnaker Apresiasi Kerja Sama Industri Penerbangan Indonesia-Tiongkok

Selain itu juga melihat hasil audit dari Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA), apakah sudah sesuai dengan parameter keselamatan Organisasi Penerbangan Sipil Internasional. Berikut ini  maskapai penerbangan berbiaya murah yang aman di tahun 2017: 

Maskapai penerbangan Aer Lingus

Menhub Optimistis Industri Penerbangan Segera Bangkit

1. Aer Lingus 

Maskapai penerbangan nasional Irlandia, menawarkan sejumlah layanan kemewahan pada rute jarak jauh nya.  Maskapai ini belum pernah mengalami kecelakaan fatal sejak 1960-an. 

Aer Lingus sekarang menjadi bagian dari International Airlines Group (IAG) dan merupakan adik dari perusahaan British Airways dan Iberia.

2. JetBlue

AirlineRatings.com memberikan kehormatan kepada maskapai penerbangan  di Amerika Utara dan Selatan.  Jetblue tidak pernah mengalami kecelakaan fatal dalam sejarah perusahaan.

3.Jetstar Airways adalah penerbangan murah dan merupakan anak perusahaan dari Qantas - maskapai paling aman di dunia berdasarkan AirlineRatings.com

Maskapai penerbangan Thomas Cook

4. Thomas Cook adalah salah satu maskapai penerbangan charter terbesar di dunia. Maskapai ini tidak memiliki catatan keamanan yang buruk. 

5. Jetstar Asia, adalah anak usaha dari dari Jetstar Airways yang berasal dari Singapura. Dengan saham Qantas di dalamnya sebesar 49 persen. Jetstar Asia diketahui tidak memiliki catatan kecelakaan fatal.

6. Westjet adalah maskapai penerbangan terbesar berbiaya murah di Kanada. Dalam sejarah perusahaan, WestJet belum pernah alami kecelakaan. 

Pesawat milik maskapai Flybe

7. Flybe, didirikan pada tahun 1979, Flybe adalah maskapai penerbangan regional murah yang berbasis di barat daya Inggris.

8. HK Express, maskapai ini berbasis di Hong Kong diluncurkan pada tahun 2004.

Pada tahun 2011, maskapai ini mengadopsi model bisnis murah dan memperluas jangkauannya ke seluruh Asia Tenggara.  Berdasarkan catatan HK Express tidak pernah mengalami  kecelakaan fatal.

9. Vueling, didirikan pada tahun 2004 dan merupakan maskapai penerbangan berbiaya murah terbesar di Spanyol. 

Maskapai penerbangan yang berbasis Barcelona ini merupakan bagian dari International Airlines Group.

10. Virgin America 

Maskapai Alaska Airlines baru mengakuisisi Virgin America dengan nilai kesepakatan  US$2,6 miliar.  Tidak jelas berapa lama lagi merek Virgin America akan tetap digunakan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya