Tips Jitu Agar Elektronik Rumah Hemat Listrik 

Ilustrasi alat elektronik di rumah.
Sumber :
  • rumahku.com

VIVA.co.id – Apakah rumah Anda memiliki begitu banyak peralatan elektronik saat ini? Karena, penggunaan peralatan elektronik untuk kebutuhan rumah tangga, memang sudah menjadi keharusan. Tanpa penggunaan peralatan tersebut, tentunya semua pekerjaan menjadi lebih lama dilakukan.

Ratusan Agen Hadir Siap Sukseskan Penjualan Properti yang Ada di Indonesia

Dilansir dari laman rumahku.com, pada Rabu 18 Januari 2017, semua penggunaan peralatan elektronik ini, memang sering dituding menjadi biang naiknya tagihan listrik rumah Anda. Sebenarnya, hemat, atau tidak penggunaan listrik di rumah tergantung dari penggunaan Anda. 

Untuk itu, ada beberapa kiat-kiat yang dapat Anda ikuti untuk menghemat penggunaan listrik di rumah, yaitu: 

Dari Upah Sinetron Sejak Umur 9, Nikita Willy Miliki Bisnis Mentereng

1. Lemari es

Setiap Anda menurunkan suhu lemari es untuk mendinginkan isinya, ternyata kita memerlukan tambahan energi listrik. Agar penggunaannya tidak terlalu boros, Anda dapat memilih lemari es yang lebih hemat energi, hindari memasukkan makanan, atau minuman yang masih panas ke dalam kulkas, atur suhu sesuai kebutuhan, hindari mengatur suhu terlalu rendah, karena dapat mengonsumsi listrik lebih banyak, selain itu tempatkan kulkas di tempat yang jauh dari sumber panas.

Melantai di Bursa New York, PropertyGuru Raup Dana Segar US$254 Juta

2. Lampu

Untuk penggunaan lampu, Anda bisa memilih lampu yang hemat energi, jangan lupa untuk mematikan lampu jika sedang tidak dibutuhkan, dan pilih lampu LED, agar lebih hemat energi.

3. Kipas angin

Saat menggunakan kipas angin usahakan untuk membuka jendela, agar udara lebih lancar masuk ke rumah, usahakan Anda memilih kipas yang mempunyai pengatur waktu, sehingga saat Anda menggunakan kipas malam hari dan ketiduran, kipas tidak akan menyala hingga pagi, matikan kipas jika sedang tidak digunakan.

4. Alat penghisap debu

Alat untuk membersihkan debu secara cepat ini sekarang sudah biasa digunakan. Untuk menghemat penggunaan listriknya, bersihkan saringan debu dengan rutin agar motor listrik bisa bekerja lebih ringan. Semakin ringan motor listrik bekerja, akan semakin sedikit pula penggunaan listriknya, jangan lupa gunakan penghisap debu untuk tepat yang sesuai kebutuhan dan jangan lupa mematikannya jika motor tiba-tiba panas.

5. Pendingin Ruangan

Seperti lemari es, pendingin ruangan, atau AC juga demikian. Jika semakin rendah suhu ruangan yang Anda inginkan akan semakin banyak pula energi listrik yang harus digunakan dan atur suhu sesuai dengan keperluan. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya