Mau Dapatkan Modal Usaha, Ikuti Cara Ini

Ilustrasi pengusaha.
Sumber :
  • duitpintar.com

VIVA.co.id – Membangun usaha sendiri menjadi pilihan sebagian masyarakat Indoensia. Para pengusaha sukses menjadi contoh memulai usaha.

Tips Jitu Agar Tak Keteteran Bila Punya Pekerjaan Sampingan

Sayangnya, terkadang jalan yang dilalui untuk mewujudkan usaha itu sendiri, setiap orang berbeda-beda. Ada kendala yang pasti ditemui dalam perjalanan menjalankan bisnisnya. Salah satunya modal.

Modal dalam usaha merupakan sesuatu yang bersifat wajib karena nantinya modal inilah yang digunakan untuk membuat suatu barang atau mendirikan jasa yang akan kita komersilkan untuk mendapatkan keuntungan.

Delapan Pekerjaan yang Bakal Digantikan Robot di Masa Depan

Modal biasanya didapat dari hasil menabung, pinjaman dari teman atau juga pinjaman dari lembaga keuangan yang nominalnya bisa jauh lebih besar dari jenis pinjaman modal lainnya. Jika tidak ingin terkendala saat hendak mengajukan untuk meminjam modal ke lembaga keuangan, sebaiknya lakukan beberapa hal ini:

1.    Mulai membuat bisnis skala kecil

Tak Banyak yang Tahu, Ini Saat Tepat untuk Punya Asuransi Jiwa

Sebuah bisnis akan semakin memberikan keuntungan yang banyak kepada kita, jika skalanya lebih besar. Namun, risiko yang dimiliki juga sama besarnya. Maka dari itu, sebaiknya kita memulai dengan bisnis skala kecil, namun prospek ke depannya bagus.

Cobalah untuk membuat usaha kecil ini dengan terlebih dulu membuat kerangka usahanya. Mungkin anda bisa membuat dalam bentuk proposal peminjaman kredit untuk modal usaha ke suatu bank, dan ke depannya anda bisa mengembangkan usaha kecil tersebut.

2.    Membuat laporan keuangan

Setelah memiliki usaha kecil, selanjutnya harus bisa membuat laporan keuangan dengan jelas dan detail. Bisnis yang berjalan dengan baik adalah bisnis yang memiliki catatan keuangan yang baik juga.

Sekali pun usaha tersebut masih dalam skala kecil, namun ke depannya saat akan mengajukan pinjaman ke bank, pihak bank akan sangat memperhatikan mengenai laporan keuangan tersebut, sebagai bahan pertimbangan untuk modal usaha.

3.    Membuat rekening khusus usaha

Ketika menjalankan usaha, hal penting lainnya yang harus dipersiapkan adalah membuat rekening khusus usaha. Rekening pribadi dan rekening usaha sebaiknya dipisahkan.

Dengan memisahkan rekening tersebut, akan bisa memprediksi dan meliht total dana yang digunakan untuk usaha, berupa dana pengeluaran dan pemasukan yang rutin. Biasakan untuk melakukan pemisahan rekening ini.

4.    Memiliki riwayat kredit yang baik

Bank Indonesia telah memiliki teknologi Sistem Informasi Debitur (SID), yang menyimpan data kredit setiap orang yang pernah melakukan kredit di bank yang ada di wilayah Indonesia.

Jika Anda salah satu orang yang pernah melakukan kredit ke bank, usahakan catatan kredit itu tidak buruk. Hal ini akan berpengaruh kepada pinjaman kredit berikutnya. Apalagi dalam menjalankan usaha, terkadang dana pinjaman yang dibutuhkan ada dalam jumlah yang besar. 

5.    Harus selalu bersikap jujur

Anda dituntut harus menjadi orang yang jujur dalam menjalankan usaha.  Tindakan jujur ini bisa diawali dengan jujur dalam memberikan dokumen-dokumen dan berkas yang sesuai dan asli terkait usaha yang kita dirikan.

Jangan pernah berpikir untuk memalsukan dokumen usaha apalagi jika bersangkutan dengan pihak bank. Jika saja pihak bank tidak menyetujui untuk meminjamkan modal kepada anda, karena kesalahan dokumen atau pemalsuan, maka usaha itu juga tidak bisa berjalan dengan baik.

Yakinkan diri untuk siap menjadi pengusaha

Setelah mengetahui beberapa hal yang harus diperhatikan untuk bisa mendapatkan modal usaha, sebaiknya tanyakan pada diri sendiri, apakah sudah siap untuk menjadi pengusaha dan menerima segala risikonya. Ketika sudah benar-benar siap, maka hal di atas akan segera anda lakukan dan usaha yang diinginkan pun  bisa segera terwujud.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya