Anggaran Dipangkas, Menhub Janji Tingkatkan Kinerja

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi
Sumber :
  • VIVA.co.id / Chandra Gian

VIVA.co.id – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan, pada anggaran pendapatan dan belanja negara 2017, Kementerian Perhubungan mendapatkan anggaran sebesar Rp45,98 triliun.

Jokowi Senang Pelabuhan Wani dan Pantoloan Berdiri Kokoh Lagi Usai Diguncang Tsunami Palu 2018

Anggaran tersebut mengalami penurunan senilai Rp2,48 triliun, atau sekitar 5,1 persen dari tahun sebelumnya yang senilai Rp48,46 triliun.

Meski menurun, ia optimistis, hal itu dapat menjadi pemacu untuk meningkatkan kinerja Kementerian Perhubungan. Untuk tahun ini, dia pun menargetkan penyerapan sebesar 92 persen.

Ramp Check Angkutan Lebaran 2024, Dishub Tangerang: Bus Pakai Klakson Telolet Tak Laik Jalan

"Penyerapan tahun ini targetnya, 92 persen, itu yang menjadi semangat kita untuk meningkatkan kinerja kita yang tadinya (2016) 85 persen," kata Menhub di kantornya, Kamis 19 Januari 2017.

Dengan keterbatasan anggaran, lanjut dia, diperlukan terobosan-terobosan baru untuk tetap dapat memenuhi kebutuhan masyarakat di sektor transportasi. Di antaranya, dengan mendorong partisipasi swasta maupun badan usaha milik negara.

Rehabilitasi Pasca Bencana, Jokowi: Gedung RSUD Anutapura Palu Pertama Pakai Sistem Shockbreaker

"Juga mendorong unit pelaksana teknis Kementerian Perhubungan menjadi badan layanan umum, yang memiliki fleksibilitas pengelolaan keuangan yang lebih besar," kata dia.

Pemberantasan pungli

Selain itu, ia juga mengaku geram dengan adanya operasi tangkap tangan pungutan liar, yang terjadi di beberapa pelayanan publik di lingkungan Kemenhub pada akhir 2016. Hal itu, tentunya mengganggu citra Kementerian Perhubungan.

"Namun, saya harap itu dapat menjadi cambuk untuk dapat lebih meningkatkan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat," katanya.

Ia mengatakan, kejadian tersebut menjadi awal komitmen bersama dalam memerangi pungutan liar dalam berbagai pelayanan publik sektor perhubungan.

Kementerian Perhubungan, lanjut dia, juga telah membentuk tim satgas operasi pemberantasan pungli. "Ini diharapkan, dapat bekerja secara konkret memperbaiki seluruh pelayanan publik sektor perhubungan," ujarnya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya