Perhatikan Ini jika Ingin Sukses Investasi Apartemen

Ilustrasi pameran properti.
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Saat ini, apartemen memang menjadi pilihan masyarakat perkotaan yang ingin hidup lebih dekat dengan tempat kerja atau tempat komersial lainnya.

Dijual Cuma Rp400 Juta, Apartemen Ini Bakal Bergaya Scandinavian

Apartemen juga sudah menjadi gaya hidup masyarakat perkotaan, sehingga banyak orang yang lebih memilih apartemen dibandingkan dengan rumah dan juga hotel. Apartemen, seperti kita tahu memang memiliki harga yang tidak murah.

Harga apartemen sangat mahal, karena harga tanah dan juga kualitas bangunannya. Apartemen juga banyak dicari oleh eksekutif muda, sehingga menjadi bisnis yang peluangnya sangat tinggi.

Tips Jitu Agar Tak Keteteran Bila Punya Pekerjaan Sampingan

Kenapa dikatakan seperti itu? Karena yang minat dengan apartemen ini banyak sekali dan juga harganya yang selalu naik setiap tahunnya. Dari situlah muncul ide untuk berinvestasi pada bidang apartemen.

Orang yang berinvestasi di bidang apartemen biasanya adalah orang yang membeli sebuah apartemen di berbagai tempat, lalu menjualnya kembali atau bahkan menyewakan apartemen tersebut.

Delapan Pekerjaan yang Bakal Digantikan Robot di Masa Depan

Bisnis investasi apartemen ini memang menjanjikan karena banyak yang mencarinya. Siapa yang tidak mencari apartemen? Kebanyakan orang sekarang mencari apartemen karena lebih stabil dibandingkan tinggal di hotel. Apartemen juga menjadi peluang bisnis yang tinggi jika kita berinvestasi dengan benar.

Namun, sayangnya belum banyak orang yang mengerti bisnis investasi apartemen ini. Tidak semudah kelihatannya, ternyata investasi apartemen ini juga mempunyai sisi kelebihan dan juga kekurangan. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan dalam investasi apartemen.

Kelebihan bisnis investasi apartemen

1. Permintaan tinggi

Dalam bisnis investasi apartemen tidak perlu takut apartemen Anda tidak akan laku, karena pada dasarnya angka permintaan apartemen ini sangat tinggi. Seperti hukum pasar mengatakan bahwa semakin tinggi permintaan maka harga akan semakin tinggi juga.

Hal seperti ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin agar harga apartemen bisa naik hingga dua kali lipat. Tentu ini adalah keuntungan, karena jika apartemen yang dimiliki sangat strategis lokasinya, sang pembeli tak akan ada masalah harus membayar sekalipun.

2. Akan selalu terisi

Apartemen biasanya penyewanya akan memakai sistem sewa dalam waktu tahunan. Tentu hal ini tidak akan membuat pusing karena sudah pasti sang pembeli akan menyewa apartemen dalam kurun waktu tiga tahunan.

Apalagi jika lokasi apartemen sangat nyaman untuk ditempati dan juga sangat dekat dengan tempat bekerja si penyewa apartemen, maka si penyewa apartemen akan betah untuk tinggal di apartemen milik Anda.

Hal ini harus dimanfaatkan dengan menaikkan harga sewa sedikit demi sedikit tiap bulannya. Saya yakin penyewa berani bayar mahal karena lokasi apartemen adalah senjata utama untuk menaikkan harga sewa apartemen tersebut.

3. Pemasukan tinggi

Bisnis apartemen sudah pasti pemasukannya tinggi karena banyak orang yang mencari apartemen untuk dijadikan hunian. Apartemen harga sewanya juga tinggi. Maka Anda akan mendapatkan pemasukan yang tinggi juga.  

Jika punya apartemen yang dekat dengan kawasan perkantoran, otomatis bisa mendapatkan penyewa apartemen dari berbagai kalangan. Maka dari itu Anda bisa mematok harga yang tinggi juga.

Biasanya orang yang dekat dengan lokasi kerjanya akan lebih betah untuk tinggal di sekitar lokasinya bekerja, karena akan terhindar dari kemacetan dan juga akan terhindar dari yang namanya terlambat masuk ke kantor.

Kekurangan dalam bisnis investasi apartemen

1. Harus bijak memilih lokasi

Jika ingin berinvestasi dalam apartemen, harus bijak memilih lokasi yang bagus. Karena, kebanyakan apartemen sekarang asal-asalan dalam memilih lokasi. Ada saja apartemen yang jauh dari akses jalan dan akses ke pusat perkantoran. Tentu hal ini merupakan kelemahan dan apartemen seperti ini tidak cocok untuk dihuni karena tidak strategis.

2. Manajemen gedung

Sekarang, manajemen gedung juga harus dijadikan patokan ketika ingin memilih apartemen. Karena, sekarang banyak apartemen yang punya fasilitas bagus, namun tidak terawat. Tentu hal ini akan mengurangi nilai jual dari apartemen tersebut.

Hal seperti ini tentu saja akan merugikan investor apartemen. Dalam berinvestasi apartemen ada keuntungan dan kelebihannya. Oleh karena itu, kita harus mempelajari kedua hal tersebut agar sukses berinvestasi apartemen. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya