Kelas Menengah Naik, Pariwisata RI Harus Siap

Sejumlah wisatawan asing melihat pemandangan rumah tradisional di Desa Penglipuran, Bangli, Bali.
Sumber :
  • ANTARA/Nyoman Budhiana

VIVA.co.id – Menteri Keuangan Sri Mulyani meminta semua pihak bersiap diri dalam rangka menangkap kunjungan wisata kelas menengah yang terus menunjukkan peningkatan di kawasan Asia.

Pemanfaatan Aset Negara Buat Bangun IKN Jadi Fokus Kerja DJKN 2022

Menurut Ani, sapaan akrab Sri Mulyani, meningkatnya pertumbuhan kelas menengah di kawasan Asia membawa dampak positif bagi perkembangan industri pariwisata dalam negeri. 

"Pangsa pasar kelas menengah ke depan semakin besar karena orang yang makmur semakin banyak ke depan. Tentu Bali masih menjadi tujuan wisata favorit di dunia," kata Ani saat kuliah umum di Universitas Udayana, Denpasar, Jumat 20 Januari 2017.

Mau Beli ORI021 Bunga 4,9 Persen, Ini 28 Mitra Distribusinya

Untuk itu, ia berharap kemampuan mengelola industri pariwisata dengan baik wajib dilakukan oleh Indonesia. Pada saat sama, mantan petinggi Bank Dunia itu juga berharap Bali menjadi guru bagi daerah lain dalam rangka menyiapkan industri pariwisata yang baik.

Penyiapan itu juga mencakup dunia pendidikan yang nantinya akan memberikan arahan pengelolaan yang baik terhadap industri yang kini tengah menjadi fokus perhatian pemerintah tersebut.

Polisi Tangkap Pegawai DJKN Pemalsu Surat Lahan BLBI 

Pada saat sama, ia menyarankan 10 destinasi baru yang tengah dikembangkan pemerintah belajar dari industri pariwisata Bali. "Demand terhadap industri pariwisata begitu besar. Udayana harus bisa mengelola hal tersebut," tutur Ani. 

Gedung Kementerian Keuangan Republik Indonesia

Kemenkeu Catat Aset Tanah PTNBH Senilai Rp161,30 Triliun

Untuk nilai BMN berupa tanah di 12 PTNBH. Jenis aset PTNBH terbagi menjadi dua yang salah satunya tanah.

img_title
VIVA.co.id
29 Januari 2022