Bandara Kulonprogo Mulai Dibangun Akhir Bulan Ini

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumardi.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA.co.id – Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memastikan, groundbreaking atau peletakan batu pertama pembangunan bandar udara di Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta akan dilaksanakan pada akhir Januari ini.

Menhub Ikut Lepas Ekspor 262 Gerbong Barang ke Selandia Baru

Tanda mulainya pembangunam bandara dengan sebutan New Yogyakarta International Airport itu dijadwalkan dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

"Lahan yang ada di  Satuan Radar Congot Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kulon Progo merupakan menjadi titik awal pembangunan bandara," kata Budi saat meninjau lokasi untuk peletakan batu pertama (groundbreaking) di Yogyakarta, Sabtu 20 Januari 2017.

Jelang Diresmikan Jokowi, Menhub Cek Kondisi Bandara Tebelian

Dalam kunjungan tersebut Menhub juga mendengarkan penjelasan dari Angkasa Pura I terkait persiapan pembangunan bandara tersebut. Baik dari persiapan lahan hingga gambaran titik lokasi calon bandara baru itu. 

Budi menjelaskan, pembangunan bandara ini penting dilakukan, untuk memenuhi kebutuhan domestik maupun internasional. Menurut dia, kebutuhan bandara baru di daerah itu untuk menopang sektor pariwisata. 

Penampakan Garasi Jenderal Andika hingga Perkiraan Wisatawan Nataru

"Pemerintah pusat melihat Yogyakarta potensial menjadikan destinasi wisata yang lebih baik," ujarnya. (mus)

Menhub Budi Karya Sumadi saat mengunjungi calon bandara penunjang IKN.

Menhub Tinjau Lokasi Calon Bandara Penunjang Ibu Kota Baru

Menhub menjelaskan telah melakukan penelitian atau studi penentuan lokasi calon bandara baru yang lokasinya sangat strategis yaitu berada di antara kawasan IKN.

img_title
VIVA.co.id
22 Februari 2022