Cara Cerdas Belanja Hemat

Jasa titip beli menerima titipan belanja di luar maupun dalam negeri.
Sumber :
  • Pexels/freestocks.org

VIVA.co.id – Kegiatan belanja untuk masyarakat Indonesia sepertinya 50:50. Sebagian dari mereka bisa merasa senang saat berbelanja, namun mereka juga bisa merasa belanja ini “berbahaya” jika sudah terlalu berlebihan.

Gudang Penyimpanan Paket di Cengkareng Kebakaran, Lazada Klaim Pengiriman Tak Terganggu

Berdasarkan data yang bersumber dari Badan Pusat Statistik, rata-rata pengeluaran konsumen di Indonesia meningkat sebesar 0,74 persen dari tahun sebelumnya. dilihat dari sektor ekonomi ini tentunya kabar yang baik, namun bila dilihat dari sektor keuangan pribadi, ini akan memicu pengeluaran yang berlebihan.

Sekarang sudah tahun 2017, tentu ada beberapa kebutuhan yang mungkin harus dipenuhi untuk tahun ini, seperti membeli seragam kantor yang baru, atau membeli perlengkapan kecantikan.

Destinasi Baru, Tempat Berbelanja Ini Bisa Bermain dan Berkarya Bersama

Tapi, terkadang, kita sering takut uang akan habis untuk memenuhi keperluan itu. Lalu bagaimana cara untuk tetap bisa berbelanja dengan sukses dan hemat tanpa cemas, berikut ulasannya:

1.    Membuat daftar belanja dua kategori

Bobby Nasution Traktir Anak-anak Yatim dan Dhuafa Beli Baju Lebaran

Sebelum berbelanja ada baiknya untuk membuat daftar belanjaan untuk mengatur prioritas belanja. Mungkin ada beberapa barang yang dibutuhkan untuk sehari-hari seperti makanan dan peralatan mandi.

Sebaiknya membuat daftar belanja tersebut dalam dua kategori, yaitu kategori barang yang dibutuhkan dan kategori barang yang diinginkan. Jadikan prioritas apa saja yang ada di kategori Kebutuhan.

2.    Melakukan riset kecil

Sebelum mulai berbelanja, bisa melakukan sebuah riset kecil tentang produk atau barang yang diinginkan. Anda bisa melihat lewat internet tentang produk tersebut, lalu cari tahu apa kelebihan dan kekurangan dari produk tersebut.

Setelah itu cari perbandingan harga yang ada di beberapa toko offline maupun toko online, pastikan juga bagaimana kualitasnya. Dengan begitu, saat membeli akan puas karena telah melakukan riset sebelumnya. 

3.    Tentukan budget 

Sebelum berbelanja, sebaiknya tentukan budget belanjanya terlebih dulu. Akan membawa uang cash seberapa banyak saat pergi berbelanja. Usahakan tidak membawa kartu debit atau kredit, karena ini biasanya akan memicu berbelanja di luar list yang sudah dibuat sebelumnya. gunakan kartu kredit hanya untuk keperluan mendesak saja.

4.    Beli barang diskon saja

Barang-barang yang sedang mendapatkan diskon di mal atau toko fashion tertentu adalah kesempatan untuk berbelanja dengan hemat dan tanpa cemas. Tidak hanya lewat offline store, juga bisa berburu diskon di online shop.

Gunakan kartu keanggotaan atau voucher diskon khusus untuk berbelanja. Saat memilih barang diskon perhatikan juga bila ada cacat pada barang tersebut, sehingga hasil belanjanya akan cukup memuaskan.

5.    Tidak boleh impulsif

Pepatah mengatakan “uang yang kita miliki didapatkan dari waktu kita yang berharga, jadi manfaatkan uang dan waktu se-efisien mungkin”. Ini berarti kita harus menghargai dan memanfaatkan waktu ketika mencari sesuatu barang yang diinginkan. Carilah satu barang yang diinginkan dengan kualitas yang paling baik agar anda mendapat kepuasan.

Anggaran dan daftar belanja sudah dibuat ini berarti saatnya berbelanja dengan hemat dan bebas cemas. Budget yang anda siapkan sudah sesuai dengan anggaran, sehingga tidak akan ada pengeluaran yang lainya. Berbelanja juga akan lebih memuaskan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya