Cara Jitu Beli Rumah dengan Harga'Miring'

Penawaran Rumah
Sumber :
  • Rumahku

VIVA.co.id – Berbagai macam hal yang berkaitan dengan pembelian properti apalagi untuk tempat tinggal, harus dilakukan dengan secara teliti dan hati-hati. Kita harus mencari tahu perbandingan harga rumah yang telah terjual, sehingga dapat memperkirakan berapa dana yang harus disiapkan untuk melakukan pembelian rumah.

Mau Jual atau Beli Hunian, Ini 5 Keuntungan Pakai Jasa Agen Properti

Apabila Anda telah memilih sebuah kota untuk tempat tinggal, Anda bisa mencari tahu berapa harga rumah yang berada di kota tersebut. Cara ini bisa membantu Anda untuk proses penentuan anggaran. Saat mencari rumah, pasti kita akan menemukan berbagai macam penawaran rumah, lantas bagaimana cara untuk mendapatkan penawaran rumah yang terbaik?

1. Lakukan negosiasi

Apartemen Antasari 45 Mangkrak, Begini Penjelasan Lengkap PDS

Saat sudah disodori harga rumah, Anda bisa mencoba melakukan negosiasi dengan pemilik atau pengembang. Apabila Anda melakukan negosiasi ini sendiri, Anda bisa mempelajari materi dari negosiasi yang akan Anda lakukan. 

Jika Anda sudah mengetahui berapa harga rumah di lingkungan tersebut, jadikan harga yang Anda ketahui sebagai patokan serta jangan melebihi batas harga. Anda juga harus memahami kebutuhan Anda, apabila sudah melakukan survei di beberapa rumah, buat daftar properti yang sudah memenuhi kriteria Anda. Semakin banyak daftar rumah yang cocok, akan semakin besar pula daya menawar Anda saat menegosiasikan harga.

23 Ribu Pohon Ditebang, Petani Coklat Gugat Sentul City Rp3,8 Miliar

2. Pertimbangkan fasilitas

Bukan hanya harga, saat memutuskan melakukan pembelian rumah, Anda juga harus mempertimbangkan fasilitas. Apakah alat transportasi umum yang bisa digunakan untuk menuju ke daerah tersebut cukup bagus?

Berapa uang yang dibutuhkan untuk sampai ke kantor jika berangkat dari rumah yang akan Anda beli? Apabila fasilitasnya kurang mendukung, Anda bisa menggunakan ini untuk memperoleh harga yang jauh lebih rendah.

3. Jangan sepelekan rumah lain

Jangan pernah menyepelekan rumah yang jarang menerima kunjungan pembeli. Bukan berarti rumah tersebut tidak berkualitas, namun bisa saja harga yang diberikan oleh si pemilik atau agen terlampau tinggi sehingga di luar kemampuan calon pembeli. 

Sebagai calon pembeli Anda bisa mencoba untuk menanyakan harga dan mempertimbangkannya dengan bujet yang sudah Anda siapkan untuk membeli rumah. Dengan demikian, Anda bisa memanfaatkannya untuk bahan negosiasi. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya