Lakukan Hal Ini Jika Ingin Jalankan Bisnis Rumahan

Ilustrasi wanita lakukan bisnis rumahan.
Sumber :
  • rumahku.com

VIVA.co.id – Siapa yang tidak ingin menjadi seorang pengusaha? Semakin lama mencari pekerjaan, memang semakin sulit. Salah satu cara yang bisa dilakukan agar tetap memiliki penghasilan, ialah membuka lapangan kerja baru. 

Ustaz Felix Siauw Ingin Ungguli Ustaz Adi Hidayat, Tips Bisnis Rumahan yang Menggiurkan

Dilansir dari rumahku.com, Senin 23 Januari 2017, memiliki usaha yang dapat dilakukan di rumah, atau pun di apartemen sendiri memang menjadi pilihan. Tentu saja, menjalankan usaha di rumah, atau apartemen lebih menyenangkan, karena kita masih bisa dekat dengan keluarga dan tetap fokus pada pekerjaan. 

Tak heran, banyak orang yang langsung berkobar-kobar semangatnya, ketika menyewa lahan dekat rumah untuk menjadi tempat bisnis. Jika Anda ingin memulai bisnis rumahan, ada beberapa tips yang harus Anda lakukan.

Bisnis Rumahan Sangat Menggiurkan, Ini Peluang dan Tantangannya

1. Penghasilan

Jika sekarang ini Anda masih memiliki pekerjaan, jangan terlalu mudah untuk melepaskan pekerjaan utama untuk menjalankan bisnis. Apabila Anda memiliki waktu, atau teman untuk membantu, Anda dapat menjalankan keduanya. Bila penghasilan bersih dari bisnis lebih dari gaji tetap Anda, dan terjadi selama enam bulan, Anda baru bisa melepaskan pekerjaan untuk menekuni dunia bisnis Anda.

Kunci Sukses Bangun UMKM di Tengah Pandemi: Go Digital

2. Peluang

Bisnis rumahan bukan seperti bisnis yang berada di mal-mal besar. Produk yang ada di dalam bisnis rumahan ini harus bisa memenuhi kebutuhan penghuni yang ada di sekitar rumah. Contohnya, rumah Anda dekat dengan kos-kosan, Anda bisa membuka bisnis rumah kontrakan, atau pun membuka bisnis laundry dan warung makan.

3. Ruang tambahan

Anda juga harus mempertimbangkan ruang tambahan yang berada di dalam rumah Anda. Tetap sediakan ruang khusus untuk membantu Anda dalam menyusun pembukuan, atau gudang untuk menyimpan produk.

Cara ini, untuk mencegah barang dagangan tercampur dengan barang pribadi. Jika Anda memiliki bisnis laundry, salah satu ruangan bisa disediakan untuk menyimpan sabun.

4. Harga

Melakukan pengecekan harga juga penting dilakukan. Anda tidak bisa bebas untuk memberikan harga yang tinggi. Harga yang Anda berikan pada produk harus setara dengan pesaing lain, atau bahkan lebih murah agar Anda bisa memenangkan persaingan.

Beri promo di awal pembukaan bisnis seperti membuat brosur dengan gebyar diskon untuk penghuni kost. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya