Apindo: Ada Konglomerat Tak Punya NPWP, Itu Hoax

Ketua Tim Ahli Presiden, Sofjan Wanandi
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Asosiasi Pengusaha Indonesia membantah kabar yang menyebutkan bahwa ada lima orang terkaya Indonesia versi majalah Forbes, tidak memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak.

Jadi Tersangka, Dua Penyuap Angin Prayitno Aji Ditahan KPK

"Itu tidak betul. Itu hoax saja," tegas Ketua Dewan Pertimbangan Apindo Sofjan Wanandi saat ditemui di Jakarta, Senin 23 Januari 2017.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Pajak Ken Dwijugiasteadi menyebut, lima orang tersebut tidak memiliki NPWP, karena telah meninggalkan Indonesia selama lebih dari 183 hari, dan memutuskan untuk menjadi warga negara asing.

Kasus Pencucian Uang, KPK Sita Aset Puluhan Miliar Eks Pejabat Pajak

Menurut Sofjan, sebagian para pelaku usaha telah mengikuti program pengampunan pajak untuk menebus ‘dosanya’ kepada negara. Sementara, yang tidak mengikuti fasilitas tersebut, merasa telah memenuhi kewajiban perpajakannya.

"Kalau tidak merasa salah, tidak perlu minta ampun. Saya sudah tanya," katanya.

Eks Pejabat Pajak Angin Prayitno Aji Divonis 9 Tahun Penjara

Mantan Ketua Umum Apindo itu menjamin, bahwa pengusaha di Indonesia, baik yang beraad di Indonesia maupun di luar negeri telah memanfaatkan fasilitas yang diberikan pemerintah, hingga 31 Maret 2017 mendatang.

"Kalau tidak, (setelah) Maret ditangkap saja. Diperiksa betul setelah tax amnesty," tegasya.

Presiden Jokowi lapor SPT pajak secara online.

Jokowi Ajak Masyarakat Lapor SPT Pajak Tahunan Lewat e-Filing

Pelaporan SPT Tahunan PPh melalui aplikasi daring e-filling berikan kemudahan bagi para wajib pajak karena dapat dilakukan tanpa datang ke kantor pajak.

img_title
VIVA.co.id
4 Maret 2022