Nusakambangan Akan Dijadikan Sentra Peternakan Sapi

Peternakan Sapi Terpadu
Sumber :
  • Arie Dwi Budiawati

VIVA.co.id – Pemerintah sejak 2016, berupaya melakukan beberapa terobosan untuk menciptakan swasembada daging sapi. Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM, akan membangun peternakan sapi di sekitar lembaga pemasyarakatan Nusakambangan, Jawa Tengah, dengan tenaga narapidana.

Pinjam Jagung ke Perusahaan Besar, Pengamat: Tata Kelola RI Buruk

Proyek ini akan memanfaatkan lahan 20 hektare dari 24 ribu hektare yang ada di Nusakambangan. Lahan 20 hektare ini, nantinya akan disertai pabrik pakan pula.

"Dalam kalkulasi, bisa memproduksi sekitar 14 ribu sapi dalam setahun di Nusakambangan," ujar Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM, I Wayan K. Dusak, di kantornya Jakarta, Senin 23 Januari 2017.

Rupiah Terus Melemah, Pengusaha Makanan Ternak Bilang Sengsara

Pendanaan proyek ini akan menggunakan skema kerja sama pemerintah dengan badan usaha. Proses lelang dan kelayakan akan berlangsung pada tahun ini, sedangkan realisasi pelaksanaannya akan berlangsung pada 2018.

Wayan belum dapat menyebut nilai estimasi investasi proyek ini. Ia mengatakan, sapi itu nantinya tidak dikelola oleh pihak lapas, melainkan badan usaha, yang sudah memenangkan tender dan berperan sebagai investor.

Februari 2018, Petani dan Peternak Merugi

"Kita hanya menyediakan tenaga kerjanya saja. Napi yang sudah memenuhi penilaian, syarat, bisa kerja di luar nanti. Mereka akan dilatih cara berternak yang baik, kalau mereka sudah punya keterampilan, nanti pulang ke kampung bisa jadi peternak," tuturnya. (asp)

Peternakan Sapi Terpadu

Genjot Produktivitas Peternak, Kibif Gandeng BNI Syariah

Pilot project dilakukan pada peternak di Jawa Barat.

img_title
VIVA.co.id
29 November 2018