Pengeboran AS Membaik, Harga Minyak Turun

Ladang minyak/Ilustrasi.
Sumber :
  • CNBC

VIVA.co.id – Tanda-tanda pemulihan yang kuat pada pengeboran di Amerika Serikat membuat harga minyak turun satu persen. Namun, ini dibayang terwujudnya kesepakatan anggota OPEC dan non-OPEC  yang akan mengurangi stok minyak.

Harga Minyak Tergelincir Usai Stok Melimpah dan Dolar AS Menguat

Dilansir dari CNBC, Selasa 24 Januari 2017, harga minyak mentah patokan dunia, Brent turun 24 sen menjadi US$55,25 per barel. Minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS ditutup turun 47 sen menjadi US$52,75 per barel.

Menteri yang mewakili anggota Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan produsen non-OPEC mengatakan pada pertemuan pada hari Minggu bahwa mereka telah memangkas produksi hingga 1,5 juta barel per hari dari pasar. 

Rupiah Menguat Hari Ini Dipicu Anjloknya Harga Minyak Dunia

Para produsen telah sepakat untuk mengurangi pasokan hampir 1,8 juta barel per hari pada semester pertama tahun ini.

"Meskipun selama akhir pekan muncul komentar mengenai kepatuhan OPEC dan non-OPEC yang akan mematuhi kesepakatan pemangkasan itu kenaikan tajam dalam jumlah rig AS dan pembicaraan tentang peningkatan besar dalam belanja modal tampaknya akan menyebabkan souring mood bullish," kata Phil Flynn, Analis Chicago Harga Futures Group.

Hari Terburuk Harga Minyak Sejak Pandemi, Dunia Resah

Di AS jumlah rig pengeboran bertambah pada pekan lalu. Data dari perusahaan jasa energi Baker Hughes menunjukkan pada Jumat, hal tersebut memperpanjang pemulihan pengeboran selama delapan bulan.

Produksi minyak AS telah meningkat lebih dari enam persen sejak pertengahan 2016, meskipun masih tujuh persen di bawah level tertinggi di tahun 2015. 

Pengeboran Minyak Lepas Pantai Pertamina.

Ketidakpastian Ekonomi Tinggi, Harga Minyak Dunia Bervariasi dan di Bawah US$80 Per Barel

Harga minyak mentah jenis Brent berjangka naik 17 sen atau 0,2 persen, menjadi ke level US$79,52 per barel, sedangkan harga WTI turun 3 sen menjadi US$74,22 per barelnya.

img_title
VIVA.co.id
7 Desember 2022